Plt Bupati Koltim Gelar Sidak Hari Pertama Berkantor, Total 222 Pegawai yang Absen

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Memasuki hari kerja pertama berkantor, setelah libur cuti bersama perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, Plt Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Hj. Andi Merya Nur, S.IP, langsung mengadakan inspeksi mendadak (sidak).
Sidak dilaksanakan di Aula Pemerintah Daerah (Pemda), pada Senin (17/5/2021) itu, dilakukan dengan mengumpulkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), baik itu yang tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun non PNS (tenaga honor).
Di dalam sidak ini, Andi Merya Nur didampingi oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim, Muhammad Andi Iqbal Tongasa, S.STP, M.Si.

Sidak digelar untuk memastikan kehadiran seluruh OPD lingkup Pemda Koltim. Masing-masing OPD mulai dari pimpinan dan para staf sampai non-ASN, dipanggil satu pe satu ke dalam aula untuk dilakukan mengecekan kehadiran masing-masing berdasarkan absensi yang telah dipegang.
Manakala terdapat ASN maupun non ASN yang tidak hadir di hari pertama berkantor, maka Andi Merya Nur pun mempertanyakan alasan ketidakhadirannya tersebut. Dan tentu saja menjadi bahan evaluasi kinerja dan kedisiplinan sebagai abdi negara.

Sehingga itu, bagi Andi Merya Nur, tidak ada istilah menambah-nambah hari libur atau cuti secara sesuka hati dengan alasan yang tak masuk akal lainnya hanya karena  masih malas masuk berkantor pada hari pertama bekerja pasca perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah, termasuk dengan alasan cuaca sekali pun.
“Jangan karena alasan cuaca lalu tidak hadir. Ini kan sama dengan istilah orang Bugis ‘Bosi bosi to kuttu’ atau hujan-hujan orang malas lanjut tidur. Jangan seperti itu! Kita harus komitmen dengan apa (amanah) yang telah diberikan kepada kita semua, berikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat Koltim,” tegasnya.
Andi Merya Nur menyatakan, sejak hari ini semua dihadapkan untuk harus kembali melaksanakan tugas dan tanggung-jawab dalam menjalankan roda pemerintahan, yakni dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Koltim.
“Saya hanya ingin memastikan, bahwa setelah lebaran ini, tidak ada lagi aparatur yang menambah-nambah libur dengan alasan apapun. Kecuali memang ada hal yang sangat urgen, itu kita izinkan,” lontar Andi Merya di hadapan masing-masing OPD.

Sidak yang dilaksanakan ini, tetap menerapkan aturan protokol kesehatan (protkes) Covid19 sebagaimana yang ditetapkan.
Sidak yang dilakukan  oleh Andi Merya Nur ini dalam rangka menegakkan disiplin ASN dan non ASN di jajaran Pemerintahan Daerah Kabupaten Koltim.
Dari 2.048 orang tercatat sebagai ASN atau PNS, yang dinyatakan tidak hadir atau absen pada hari pertama berkantor usai lebaran Idul Fitri adalah mencapai 94 orang, tersebar di beberapa instansi. Sedangkan dari 1.614 yang tercatat sebagai non ASN atau tenaga honor, ditemukan sebanyak 128 orang dinyatakan tidak hadir dan juga tersebar di beberapa instansi. Sehingga total yang tidak hadir adalah 222 orang. (rul/dm1)
 
 
 
Komentar anda :

Muis Syam

167 views

Next Post

BLT Covid Desa Sogitia Disalurkan, Kades Mito: Semoga Bisa Sedikit Ringankan Beban

Rab Mei 19 , 2021
DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Pemerintah Desa Sogitia, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat setempat yang terkena dampak Covid19. Komentar anda :