Piala Bergilir Turnamen Catur Pohuwato Taluduyunu Cup 2021, Sukses Digelar di Masa Covid19

DM1.CO.ID, POHUWATO: Para pecinta maupun pemain catur di Kabupaten Pohuwato, tampaknya punya cara sendiri untuk mempertahankan dan meningkatkan imun di masa pandemi Covid19 yang masih melanda dunia hingga saat ini.

Ya, para pecinta dan pemain catur di daerah ini telah menggelar Turnamen Catur Pohuwato Taluduyunu Cup 2021 memperebutkan piala bergilir selama dua hari, yakni 31 Juli hingga 1 Agustus 2021.

Syarifudin Diko selaku Ketua Panitia turnamen catur ini menyebutkan, penyelenggaraan kegiatan yang dilakukan dengan menerapkan ptotokol kesehatan (Protkes) Covid19 ini, adalah juga dimaksudkan agar imun tubuh bisa tetap terjaga dan juga ditingkatkan dengan cara berolah-raga mengasah otak.

“Kita para pecinta dan pemain catur, tidak bisa diam membeku apalagi pasrah dengan kondisi Covid19 yang masih melanda hingga saat ini. Kita harus bisa meningkatkan imun tubuh dan pikiran agar tetap sehat terjaga,” ujar Udin, sapaan akrab Syarifudin Diko, pada Senin (2/8/2021).

Udin menguraikan, turnamen catur yang diikuti oleh 36 peserta ini sukses digelar dengan memunculkan juara 1 hingga juara 20. Yakni, juara 1 mendapat piala (bergilir) tambah uang tunai, dan juara 2 hingga juara 15 mendapatkan hadiah uang tunai ditambah piagam penghargaan, sedangkan juara 16 hingga juara 20 diberikan piagam penghargaan.

“Turnamen catur ini dipimpin serta diawasi langsung oleh Amirullah Musa selaku Wasit Nasional Pratama (WNP), dengan menggunakan sistem Swiss 7 babak,” ujar Udin.

Udin didampingi Tonny Siaman selaku Sekretaris panitia turnamen catur ini menambahkan, bahwa kegiatan ini juga merupakan wujud kekompakan dan kebersamaan dalam menjaga tali-silaturahmi antar sesama pecinta maupun pemain catur agar senantiasa terjaga dan terpelihara.

Sementara itu, Abdul Hamid Sukoli  selaku Kepala Desa (Kades) Taluduyunu, juga menyampaikan kesan-kesannya terhadap turnamen catur yang digelar di desa yang dipimpinnya.

Menurut Abdul Hamid Sukoli, turnamen catur  ini sangat penting dalam rangka peningkatan kapasitas mental bagi para pemainnya. “Turnamen catur ini bisa meningkatkan mentalitas yang sehat,” ujar Abdul Hamid Sukoli.

Secara khusus, Abdul Hamid Sukoli menyatakan terima kasihnya kepada panitia pelaksana turnamen ini. “Sebab, hobbi ini jarang dilakukan secara berkompetisi (di daerah ini). Namun kali ini, dengan adanya turmanen catur Pohuwato Taluduyunu Cup 2021 ini, maka ini tentu merupakan langka maju bagi para pecatur di Kabupaten Pohuwato, khususnya Buntulia Marisa yang telah berinisatif melaksanakan Turnamen Catur (Putaran Catur),” ujar Abdul Hamid Sukoli.

Ia bahkan berharap, kegiatan seperti ini bisa setiap bulan dilaksanakan. “Entah pindah-pindah tempat, Buntulia, Marisa, Paguat, hingga ke kecamatan-kecamatan lainnya. Yang penting jangan sampai putus dilaksanakan, harus berkelanjutkan untuk kemajuan olahraga, khususnya catur,” imbau Abdul Hamid Sukoli.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Pohuwato, Beni Nento, juga menyampaikan terima kasihnya kepada Kades Taluduyunu serta seluruh pihak yang telibat dalam turnamen catur ini, hingga dapat terlaksana sukses dengan lancar.

Beni Nento berharap, melalui turnamen ini dapat memunculkan pemain-pemain catur yang andal dan berkualitas. “Jangan lihat seberapa besar jumlah hadiahnya, tetapi yang terpenting adalah maksud dan tujuan turnamen ini sangat memberikan ruang dan kesempatan yang sangat tak ternilai harganya untuk kepentingan kemajuan olahraga bidang catur di Pohuwato,” harap Beni Nento.

Adapun peserta turnamen catur Pohuwato Taluduyunu Cup 2021 yang berhasil tampil sebagai juara, adalah sebagai berikut:

Juara 1  :  Gemz Wisan
Juara 2  :  Nikson Pakaya
Juara 3  :  Ridwan Lasimpala
Juara 4  :  Abdul Hamid Sukoli
Juara 5  :  Iskandar Datau
Juara 6  :  Acun Taib
Juara 7  :  Juara Umuri
Juara 8  :  Hasman Pakaya
Juara 9  :  Arifin
Juara 10:  Santo Pakaya
Juara 11:  Ismail Suleman
Juara 12:  Supriyanto Mointi
Juara 13:  Jusuf Husain
Juara 14:  Arif Wibowo
Juara 15:  Rusdin Ismail

(dms/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

50 views

Next Post

Selain Presiden Jokowi, Rektor UNG pun Video-call Ucapkan Selamat Kepada Greysia/Apriyani

Sen Agu 2 , 2021
DM1.CO.ID, GORONTALO: Pebulu-tangkis nomor ganda putri Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, akhirnya berhasil meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020, pada Senin siang (2/8/2021) waktu Indonesia. Dalam laga final yang digelar di lapangan 1 Musashino Forest Plaza itu, Greysia/Apriyani menaklukkan ganda putri China, Chen Qingchen/Jia Yifan, secara straight game: […]