Membangun Desa, Kades Tontulow Utara Giat “Cetak” Prestasi

Bagikan dengan:

Wartawan: Mulkan Hidayatullah

DM1.CO.ID, BOLMUT: Tontulow Utara adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Desa ini berpenduduk 601 jiwa dari 398 Kepala Keluarga (KK), dan mayoritas atau 90 persen adalah sebagai petani, yakni petani padi-sawah.

Sangadi (kepala desa) Tontulow Utara, Ajis Alhasni, saat ditemui wartawan DM1 di sela-sela kesibukannya menguraikan berbagai hal terkait program kerja pembangunan yang dilakukan di desa ini.

“Saya sudah dua periode. Dari sejak desa persiapan dua tahun menjabat. Kemudian definitif saat pemilihan periode pertama. Dan pemilihan berikutnya 2017 terpilih lagi, dan kini periode kedua tahun ketiga,” ujar Ajis Alhasni, pada Selasa (8/10/2019).

Selama menjabat, Ajis Alhasni telah mengerjakan banyak program kerja dengan tuntas. Seperti membangun kantor desa, gedung TK/PAUD, jalan-jalan desa, saluran irigasi, drainase, dan lain-lain.

Juga, kata Ajis Alhasni, dilakukan penyertaan modal dari dana desa ke BUMDes sebanyak Rp.200-an juta untuk kepentingan sektor pertanian. “Dan Alhamdulillah ini sudah berjalan dengan baik,” tutur Ajis Alhasni.

Program-program kerja 2017-2023, kata Ajis Alhasni, yang sudah dituangkan ke dalam RPJMDes, memang masih ada beberapa yang belum dilakukan.

Namun Ajis Alhasni mengungkapkan, program kerja yang sudah direalisasikan sejak dana desa 2015 ini di antaranya adalah jamban keluarga 2017 hingga 2019 adalah sebanyak 50 unit.

Juga, lanjut AJis ALhasni, ada program pemberdayaan dalam bentuk pengadaan atau pemberian hewan ternak sapi induk sebanyak 47 ekor kepada masyarakat. “Sekarang sudah berkembang satu ekor sapi paling sedikit sudah beranak satu. Bahkan dari ternak sapi itu sudah ada warga di desa ini yang telah mampu membeli tanah,” ungkap Ajis Alhasni.

Program kerja lainnya juga diungkapkan Ajis Alhasni. “Ada rencana ke depan, untuk destinasi wisata 2020 akan dibuka jalan ke muara sungai sampai ke pantai Buko Tombulang Pantai,” kata Ajis Alhasni sambil menambahkan bahwa pihaknya juga juga akan membuka tambak ikan.

Selanjutnya, Ajis Alhasni juga mengaku tak lupa menyukseskan program stunting dengan melakukan kegiatan di Posyandu, yakni memberikan pelayanan pemberian makanan atau gizi tambahan kepada ibu-ibu hamil, Balita dan lansia. Juga pada 2019 ini diadakan stick alat pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Sebagai kepala desa, Ajis Alhasni juga kini telah membangun satu musala dan satu masjid. “Membangun musala tahun 2008, dan masjid 2013 yang dananya bersumber dari swadaya masyarakat sekitar Rp.750 Juta. Meski belum rampung semua, tapi sekarang ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Ajis Alhasni.

Sejak menjabat sangadi pada 2008, Ajis Alhasni telah berhasil menjadikan Tontulow Utara sebagai desa “pencetak” prestasi. Di antaranya juara lomba desa 2008 tingkat Kabupaten. Dan pada 2010 juga kembali menjuarai lomba desa. Kemudian juara III lomba Dasawisma tingkat Provinsi Sulut.

Pada 2018, Ajis Alhasni kembali mengantarkan Desa Tontulow Utara sebagai juara I lomba kebersihan lingkungan tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Bukan cuma itu, Ajis Alhasni selaku kepala desa berhasil menjadikan Desa Tontulow Utara meraih juara I dalam lomba Evaluasi Perkembangan Desa tingkat kabupaten, lalu diikutsertakan ke provinsi dan meraih juara III.

Tak hanya sampai di situ, lagi-lagi Ajis Alhasni berhasil mewujudkan program dinas pertanian dalam meraih rekor Muri 2010, yakni kegiatan 1900 petani yang menanam secara serentak.

Prestasi berikutnya, Ajis Alhasni di undang ke Malang Jawa Timur untuk menerima penghargaan sebagai petani berprestasi.

Karena banyak prestasi yang dicetak di Desa Tontulow Utara, maka sebagai kepala desa, Ajis Alhasni diberi “bonus” untuk menunaikan ibadah haji dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut pada tahun 2012.
Pada momen Hari Ulang Tahun kelahiran Bupati Bolmut, Depri Pontoh, Ajis Alhasni pun mengucapkan selamat mewakili seluruh warga Desa Tontulow Utara.

“Semoga Bapak Bupati senantiasa diberi kesehatan agar bisa lebih mempersembahkan yang terbaik buat kemajuan daerah yang sama kita cintai ini. Amin,” pungkas Ajis Alhasni. (mul/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: