Kaur dan Staf Keuangan Desa Bonda Raya Dilantik, Ini Pesan Kades Mohamad Alim

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Pemerintah Desa Bonda Raya memiliki Kaur (Kepala Urusan) Keuangan Desa yang baru, bernama Elista Rais. Selain itu, juga mengangkat Virlan Djalil menjadi staf Keuangan Desa. Keduanya dilantik langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) PemDes Kabupaten Bone Bolango, Suleman Panigoro, di Aula Serba Guna Desa Bonda Raya, pada Rabu (1/7/2020).

Menurut Kepala Desa (Kades) Bonda Raya, Mohamad Alim, selama beberapa hari posisi Kaur Keuangan Desa mengalami kekosongan. Sebab, Kaur Keuangan Desa sebelumnya yang dijabat Yohana Manaiya, telah memasuki akhir masa jabatan.

“Karena telah berakhir masa kerjanya, sesuai dengan  Undang-Undang Desa  Nomor 6 Tahun  2014, bahwa aparat desa hanya bisa sampai umur 60 tahun. Dan beliau (Yohana Manaiya) pas berumur 60 tahun, sehingga tepat tanggal 13 Juni berakhir pula tugas beliau di Desa Bonda Raya,” jelas Kades Mohamad Alim.

Kades Mohamad Alim pun menjelaskan mekanisme pengisian jabatan yang dimaksud. Bahwa, selaku warga negara yang cinta demokrasi, tentu saja melakukan tahapan yang sesuai aturan dengan tetap mempertimbangkan calon yang akan dipilih. Dalam hal ini masyarakat berhak mengajukan calon, serta hak pemimpin pada keputusan penetapannya.

Lebih lanjut, Kades Mohamad Alim menguraikan tahapannya. Yakni, dimulai dengan tahapan pertama pemasukan berkas selama 4 hari (18-24 Juni 2020), yang sebelumnya diawali dengan memilih panitia pelaksana yang berasal dari aparatur desa itu sendiri.

Kades Mohamad Alim mengungkapkan, pada tahapan pertama tersebut terdapat dua calon yang memasukan berkas. Dan setelah waktu yang ditentukan,berkas itupun langsung diverifikasi, selanjutnya disodorkan ke pihak Pemerintah Kecamatan Suwawa Selatan yang dimediasi oleh pendamping desa.

Tanggal 30 Juni 2020, kata Kades Mohamad Alim, diadakan ujian tertulis dan kompetensi, serta wawancara. Dan pada hari itu juga, langsung dikeluarkan pengumuman.

Teknis pengumumannya, lanjut Kades Mohamad Alim, yakni panitia menjemput hasil yang telah ditetapkan, dan dibuka serta diperlihatkan di depan masyarakat agar bisa langsung diketahui siapa yang telah terpilih.

Kades Mohamad Alim pun berharap kepada aparatur desa yang terpilih tersebut, hendaknya bisa langsung menyesuaikan tugas dan mampu menjadi tim solid yang baik, serta dapat bekerja sama guna menjadikan Bonda Raya sebagai desa yang lebih baik lagi ke depan.

“Terutama dalam hal pelayanan, tolong agar bisa melayani masyarakat lebih baik lagi, serta bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya,” ujar Kades Mohamad Alim.

Selain itu, Kades Mohamad Alim juga berpesan, agar amanah ini dapat ditunaikan dengan baik, maka jangan mencampurkan-adukkan masalah pribadi dengan urusan kantor. “Harus bisa memprioritaskan mana yang lebih mendesak agar bisa segera dilaksanakan,” harap Kades Mohamad Alim.

Tak lupa, Kades Mohamad Alim juga mengucapkan terima kasih kepada Yohana Manaiya atas dedikasinya selama ini di Desa Bonda Raya. “Semoga jasanya berkah buat semua,” ujar Kades Mohamad Alim.

Kepada aparat Desa Bonda Raya yang baru saja terpilih, Kades Mohamad Alim kembali menegaskan beberapa hal penting agar bisa meningkatkan pelayanan di desa.

“Jangan datang dan pulang sembarangan waktu, karena kita digaji dengan pelayalanan kita, jadi jangan sampai makan gaji buta,” tegas Kades Mohamad Alim. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: