Komitmen Zona Integritas, Marten Taha: Kota Gorontalo Masuk Zona Hijau

Bagikan dengan:

Wartawati/Editor: Dewi Mutiara

DM1.CO.ID, GORONTALO: Tekad yang kuat menjadikan Kota Gorontalo daerah bebas korupsi, Wali Kota Gorontalo Marten Taha menandatangani komitmen bersama Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Penandatanganan komitmen dilakukan di Kantor Kejaksaan Negeri Kota Gorontalo, Selasa (11/2/2020).

“Ini menjadi tekad kami bersama, serta menjadi kewajiban setiap instansi pemerintahan dan vertikal dari tingkat pusat hingga daerah, dalam rangka menciptakan kondisi dan situasi di lingkungan kantor bersih dari korupsi,” ujar Wali Kota Marten.

Menurut Marten, pemerintahan yang bersih dari korupsi tidak akan terwujud jika tidak dibarengi dengan kerja yang bersih dan pelayanan publik yang optimal.

“Apalagi tentang pelayanan publik ini, diketahui bersama bahwa dinilai secara detail oleh Ombudsman. Apakah WBBM atau WBK ini hanya sekedar pajangan, atau benar-benar dilaksanakan oleh setiap instansi terkait,” tutur Wali Kota Marten.

Pelayanan publik, lanjut Marten, tidak hanya dinilai di tingkat pemerintah Kota Gorontalo saja, melainkan sampai ke tingkat bawah yakni kelurahan dan kecamatan.

“Demikian pula di lingkup instansi vertikal, seperti Kejaksaan Negeri dan instansi vertikal lainnya, pasti dinilai oleh Ombudsman. Kalau yang diharapkan itu tercipta, maka Kota Gorontalo akan lebih baik,” Wali Kota.

Marten mengatakan, komitmen pemerintah pusat untuk pencegahan korupsi dan pelayanan publik yang bersih, sudah dari dulu dijalankan pemerintah Kota Gorontalo.

“Seperti yang selama ini dilakukan, Pemerintah Kota Gorontalo terus memperkuat sinergitas dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, dalam pelaksanaan program kegiatan di Kota Gorontalo,” ucap Wali Kota Marten.

Dengan adanya komitmen tersebut, pihak ombudsman telah menetapkan pemerintah Kota Gorontalo, sebagai salah satu daerah yang masuk dalam kategori zona hijau dalam hal pelayanan publik.

“Alhamdulillah, komitmen kita memerangi korupsi sudah dibuktikan dengan masuknya Kota Gorontalo sebagai zona hijau oleh ombudsman,” pungkas Wali Kota. (dmk/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: