Capai Level 3, Inspektorat Kota Gorontalo Terima Penghargaan

Wartawati/Editor: Dewi Mutiara

DM1.CO.ID, GORONTALO: Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yakni Inspektorat Kota Gorontalo meraih penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Gorontalo.

Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha pada pelaksanaan Workshop Kepala Daerah terhadap Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dan peningkatan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang digelar di Hotel Maqna, Selasa (11/2/2020).

Atas pencapaian tersebut, Marten mengaku dirinya sangat bangga dan bersyukur upaya yang dilakukan pemerintah Kota Gorontalo bisa membuahkan hasil yang baik.

“Alhamdulillah sebagai salah satu daerah yang melakukan peningkatan dan penguatan terhadap APIP maupun SPIP, Kota Gorontalo saat ini telah mencapai level 3,” ungkap Wali Kota Marten Taha.

Marten menjelaskan, terdapat empat poin penting yang menjadi perhatian inspektorat, pertama adalah peningkatan kuliatas maupun sumber daya manusia (SDM).

“Dan kelemahan kami di Kota Gorontalo ini, secara kuantitas kami masih terbatas, tidak mudah mencari tenaga-tenaga yang memiliki kompetensi dan keahlian di bidang pengawasan serta mampu ditugaskan untuk bekerja di bagian inspektorat.,” ujarnya.

Poin yang kedua adalah peningkatan anggaran, pemerintah Kota Gorontalo, sambung Marten, telah berupaya memenuhi apa yang menjadi mandatori sesuai Permendagri Nomor 33 Tahun 2019 tentang penyusunan APBD.

“Dan itu minimal anggaran APIP untuk inspektorat 1 persen dari jumlah APBD kita, yang kurang lebih Rp1,1 triliun. Yang berarti minimal Rp10 miliar lebih. Untuk itu kita sudah bisa penuhi,” ungkap Wali Kota Marten.

Kemudian poin ketiga adalah penguatan terhadap metode APIP dan SPIP yang dilaksanakan pemerintah Kota Gorontalo melalui sistem kontrol yang diperbarui terus menerus.

“Bahkan kita sudah menggunakan sistem digitalisasi dalam sistem pengawasan internal pemerintah maupun penguatan APIP di Kota Gorontalo,” kata dia.

Marten berharap, worskhop tersebut dapat membantu pemkot Gorontalo, khususnya inspektorat untuk melaksanakan tugasnya dengan lebih baik.

“Sehingga pengelolaan keuangan maupun pembagunan di Kota Gorontalo berjalan dengan baik,” tandas Wali Kota Marten. (dmk/dm1)

Komentar anda :

Dewi DM1

3 views

Next Post

Iklan Niaga: Mandiri Utama Finance Gorontalo

Rab Feb 12 , 2020
  Untuk mengetahui lokasi kantor PT. Mandiri Utama Finance, silakan di-KLIK foto di atas! Komentar anda :