RNC Gelar Wisata Alam, Roman: Kami Siap Berdayakan Wisata Pantai Itoduti

Wartawan: David Mohamad~
Editor: AMS|

DM1.CO.ID, GORONTALO: Wisata kali ini merupakan rangkaian kegiatan penutup setelah berbagai macam kegiatan seperti safari Ramadan, kunjungan di panti asuhan selama bulan puasa, perayaan ketupat, serta masih banyak kegiatan lainnya yang akan dilakukan selama kurang lebih sebulan penuh.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Roman Nasaru Community (RNC), Rusli, didampingi anggota RNC lainnya saat melakukan wisata alam di Pantai Itoduti, Desa Biluhu Timur, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, pada Ahad (24/06/2018).

Pada kesempatan tersebut juga dihadiri langsung sosok Roman Nasaru SE, MM, yang juga selaku Wakil Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Gorontalo Bidang Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Namun dalam kepengurusan RNC, Roman bertindak sebagai pembina.

Rusli menyebutkan, RNC memilih berwisata di Pantai Itoduti, sebab pantai ini  merupakan salah satu satu destinasi wisata alam yang sangat indah, sejuk serta sangat nyaman dikunjungi oleh seluruh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dari pantaun crew DM1 di lokasi menunjukkan, tidak kurang 500 anggota RNC se-Kecamatan Batudaa Cs hadir dalam wisata tersebut. Dan ada sekitar 50 kendaraan roda empat dan selebihnya roda dua milik angota RNC memadati areal parkiran.

Kegiatan wisata yang digelar oleh RNC ini tidak hanya menarik para pengunjung lainnya, tetapi juga membuat warga sekitar turut andil dan berbaur bersama para anggota RNC.

Seorang warga setempat, Rinto (35), mengaku salut dan merasa bangga ada komunitas yang peduli dengan lingkungan serta memberi perhatian kepada potensi wisata untuk dapat lebih dikembangkan.

“Saya mewakili masyarakat Desa Biluhu Timur sangat berterima kasih kepada pak Roman Nasaru yang sudi berkunjung ke sini, hingga pula dapat melibatkan kami dari awal sampai akhir kegiatan ini,” ujar Rinto.

Rinto juga mengungkapkan rasa syukurnya, sebab dengan kedatang para anggota RNC, warga di sekitar bisa mendapatkan “kesibukan”. Misalnya, menyediakan makanan yang diolah dan dimasak di rumah-rumah warga.

“Bahkan ada beberapa nelayan menyisihkan hasil tangkapanya untuk diolah, atau dibakar untuk dihidangkan langsung kepada rombongan wisata,” tutur Rinto.

Sementara itu Roman Nasaru yang dikenal sebagai putra asli Gorontalo yang sukses sebagai pengusaha muda di Papua itu mengungkapkan harapannya, agar seluruh anggota RNC hendaknya dapat menjaga kelestarian alam, dan menjaga kebersihan objek wisata supaya tetap lestari.

“Saya pribadi siap membantu mempromosikan wisata ini kepada teman teman saya yang ada di luar daerah,” ujar Riman Nasaru.

Dan khusus buat para warga yang ada di sekitar tempat wisata ini, Roman Nasaru mengaku sudah memikirkan ke depanya untuk memberdayakan mereka. Misalnya dengan memberikan modal usaha dan pelatihan pengembangan wisata untuk meningkatkan ekonomi mereka melalui program RNC peduli. (dav/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

2.750 views

Next Post

Pilwako Gorontalo, Paket “Matahari” Menang di Tujuh Kecamatan

Rab Jun 27 , 2018
Wartawan: David Mohamad~ Editor: AMS| DM1.CO.ID, GORONTALO: Warga Kota Gorontalo telah memberikan suaranya pada Pemilihan Walikota (Pilwako) 2018, kepada tiga pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo, Rabu (27/06/2018), di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing. Komentar anda :