Pilwako Gorontalo, Paket “Matahari” Menang di Tujuh Kecamatan

Bagikan dengan:
Wartawan: David Mohamad~
Editor: AMS|

DM1.CO.ID, GORONTALO: Warga Kota Gorontalo telah memberikan suaranya pada Pemilihan Walikota (Pilwako) 2018, kepada tiga pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo, Rabu (27/06/2018), di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.

Dari tabulasi Real-Count di DPD II Partai Golkar Kota Gorontalo menunjukkan secara total hasil akhir. Yakni, dari 259 TPS yang tersebar di 9 kecamatan se-Kota Gorontalo, paket Matahari (Marten Taha-Ryan Kono) nomor urut 2 (dua) berhasil mendulang suara terbanyak.

Dari tabulasi Real-Count tersebut memperlihatkan, pasangan Matahari memperoleh suara sebanyak 42.628 suara atau 41,24%. Disusul di posisi kedua ditempati pasangan “AdHa-CBD” nomor urut 1 (satu) dengan mengantongi 37.317 suara atau 36,1%. Dan pasangan “Ramah” nomor urut 3 (tiga) berada di posisi ketiga dengan 23.432 suara atau 22,67%.

Pasangan yang didukung oleh Partai Golkar, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Parta Demokrat  itu menang di tujuh kecamatan. Yakni, Kecamatan Dumbo Raya, Hulonthalangi, Kota Barat, Kota Selatan, Kota Tengah, Kota Timur, dan Kecamatan Kota Utara. Sedang dua kecamatan lainnya (Dungingi dan Sipatana) dimenangkan oleh pasangan AdHa-CBD.

Dengan hasil tersebut, maka hampir dapat dipastikan, bahwa pasangan Marten Taha kembali berhasil terpilih untuk kedua kalinya sebagai Walikota Gorontalo namun dengan pasangan lain, yakni Ryan Kono sebagai wakil walikota.

Marten Taha yang dimintai komentarnya seputar hasil perolehan suara itu membenarkan hasil perhitungan real-count tersebut.

Kendati begitu, Marten Taha mengaku menghormati proses selanjutnya untuk dapat menunggu hasil perhitungan dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Marten Taha mengucapkan permohonan maaf kepada semua pihak, apabila selama pelaksanaan kampanye terdapat kesalahan dan kekhilafan, terutama kepada pihak-pihak rival dalam Pilwako Gorontalo 2018 ini.

“Saya memohon maaf kepada seluruh pihak apabila ada kesalahan dan kekhilafan, baik pada saat kampanye, maupun pada saat debat publik. Dan kami juga tak lupa mengkhaturkan terima kasih setinggi-tingginya kepada para pendukung dan simpatisan Matahari, terutama seluruh pemilih yang kembali memberi kepercayaan kepada kami untuk memimpin Kota Gorontalo untuk lima tahun ke depan,” ujar Marten Taha kepada DM1, Rabu petang (27/06/2018).

Marten Taha pun mengajak kepada seluruh warga Kota Gorontalo untuk tidak lagi menonjolkan perbedaan, dan hendaknya kembali bersatu dalam membangun Kota Gorontalo yang lebih SMART (Sejahtera, Maju, Aktif, Religius, dan juga Terdidik). “Sebab kemenangan paket Matahari ini adalah kemenangan seluruh warga Kota Gorontalo,” ujar Marten Taha. (dav-ams/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up