DESA MEMBANGUNDM 1 ESosialisasiTerbaru

Sumitro Lopuo Resmi Lepaskan Jabatan Kades Sogitia, Ini Alasannya

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONE-BOLANGO:  Sumitro Lopuo, SH.I telah melepaskan jabatannya atau mengundurkan diri sebagai Kepala Desa (Kades) Sogitia, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Pengunduran diri atau peletakan jabatan Kades Sogitia itu secara resmi ditandai dalam acara Sertijab (Serah Terima Jabatan), yakni dari Sumitro Lopuo kepada Rani Balango, pada Rabu (21 Juni 2023), di Aula Kantor Desa Sogitia.

Selain dihadiri seluruh aparat desa setempat, pelaksanaan Sertijab itu juga disaksikan langsung oleh unsur desa, di antaranya dari pihak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sogitia serta sejumlah tokoh atau pemuka masyarakat di desa ini.

Sumitro Lopuo yang akrab disapa dengan sebutan Ayah Mito itu, terhitung telah memasuki tiga periode menjabat sebagai Kades Sogitia, atau telah melalui sekitar 14 tahun menakhodai desa yang berpenduduk 1.287 jiwa (data BPS, 2020) atau sekitar 13% dari total jumlah penduduk Kecamatan Bone yang memiliki 14 desa.

Dalam sambutannya pada acara Sertijab tersebut, Ayah Mito menyatakan pamit sebagai kepala desa karena akan berkonsentrasi untuk melanjutkan perjuangannya dalam membangun Kecamatan Bone dan Bone Pesisir.

Ayah Mito mengungkapkan, bahwa dirinya maju mendaftar sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) pada Pemilu 2024, melalui salah satu partai politik, untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Wilayah Bone Pesisir.

Dan sebagai salah satu persyaratan untuk maju menjadi Caleg, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023, maka termasuk seorang kepala desa ditegaskan harus mengundurkan diri dari jabatannya.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Sogitia, selama saya memimpin desa ini begitu banyaknya kenangan, baik suka maupun duka telah kita lewati bersama,” ujar Ayah Mito.

“Saya pamit bukan meninggalkan kalian, masyarakat Sogitia, namun justru sesungguhnya rasa cinta untuk membangun daerah ini jauh lebih besar. Sehingga itu saya merasa wajib berusaha lebih keras lagi untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di wilayah Pesisir Bone ini, yakni insyaAllah sebagai anggota DPRD Kabupaten Bone Bolango,” sambung Ayah Mito tersenyum.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Rani Balango sebagai seorang Staf di Kantor Pemerintah Kecamatan Bone yang ditunjuk menjadi Penjabat Kades Sogitia, juga menyatakan terima kasih kepada Camat Bone yang telah memberikan kepercayaan atau amanah guna mengemban tugas sebagai Kades Sogitia untuk sementara waktu.

“InsyaAllah kepercayaan ini akan saya emban dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung-jawab, terutama dalam melanjutkan program-program pembangunan yang telah dipatok oleh Ayah Mito sebelumnya,” ujar Rani.

Olehnya itu, Rani mengajak kepada seluruh elemen serta lapisan masyarakat Desa Sogitia agar tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan untuk senantiasa mendukung gerak pembangunan di Desa sogitia ke depan.

“Mari kita pelihara kebersamaan ini seperti masih bersama Kades sebelumnya. Dan buat Ayah Mito yang akan maju bertarung dalam Pemilihan Legislatif, semoga sukses meraih keberhasilan sebagaimana yang dicita-citakan,” tutur Rani. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: