Semarak HUT RI ke-72, Kecamatan Dungingi Kembali Tampil Beda

Wartawan: Hermansyah-
Editor: AMS~

DM1. CO. ID, GORONTALO: Menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun ini, Kantor Kecamatan Dungingi kembali tampil beda dibanding kantor-kantor kecamatan lainnya se-Kota Gorontalo.

Pasalnya, HUT Kemerdekaan RI hampir bersamaan dengan hari lahir Kecamatan Dungingi yang ke-14 tahun, yakni pada 11 Agustus 2003. Olehnya itu tak heran tiap tahun Kecamatan Dungingi senantiasa memanfaatkan momen peringatan HUT Kemerdekaan RI dengan berbagai kegiatan yang menarik dan bahkan terbilang unik.

Risman Taha selaku Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Kecamatan Dungingi menyebutkan, kegiatan yang menarik dan unik tersebut dikemas dalam bentuk lomba, yakni Lomba Kebersihan Toilet, Lomba Ruang Pelayanan Publik, Lomba Memancing, dan Lomba Masak Menu Makanan.

Lomba-lomba yang digelar dari tanggal 2 Agustus 2017 itu, menurut Risman Taha, selain melibatkan warga, juga diikuti oleh seluruh kantor dan instansi serta kelurahan se-Kecamatan Dungingi.

Risman Taha menjelaskan, lomba kebersihan toilet bertujuan untuk menciptakan kebersihan tidak hanya dilihat dari penampilan luar saja. Kebersihan toilet harus senantiasa diperhatikan, karena dengan toilet yang bersih maka bisa dipastikan lingkungan di sekitar lainnya juga akan selalu dijaga.

“Sehingga itu kami mencoba melombakan kebersihan toilet di semua kantor, dan sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Dungingi ini,” ujar Risman.

Dikatakannya, bagi pemenang dalam lomba ini, selain diberikan Piagam Penghargaan, pihak panitia juga akan menyediakan hadiah dalam bentuk pembangunan satu toilet lagi untuk pemenang.

Untuk lomba ruang pelayanan publik, kata Risman, dimaksudkan untuk memberikan kepastian kenyamanan buat masyarakat dalam melakukan berbagai urusan di pemerintahan, baik di kelurahan maupun di tingkat kecamatan.

Pihak panitia, lanjut Risman, juga menggelar lomba memancing yang dimaksudkan untuk menyalurkan hobi warga Kecamatan Dungingi yang kebanyakan sangat gemar memancing.

Sementara untuk lomba masak menu makanan, menurut Risman Taha, akan diikuti oleh seluruh kantor kelurahan. Dan seluruh menu makanan yang diperlombakan tersebut akan dikumpulkan di Kantor Kecamatan Dungingi, yang selanjutnya akan dicicipi oleh para warga (pengunjung) di Kecamatan Dungingi pada acara puncak, yakni pada Sabtu, tanggal 26 Agustus 2017.

Khusus lomba menu makanan yang akan disajikan dan dicicipi oleh warga Dungingi ini, menurut Risman Taha, dimaksudkan agar dapat mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dan pemerintah setempat, sekaligus juga untuk menciptakan suasana damai yang jauh dari perselisihan antara warga dan pemerintah.

Risman mengungkapkan, panitia juga mengadakan lomba Trio antara lurah, LPM, dan Karang Taruna yang ada di setiap kelurahan se-Kecamatan Dungingi. Kegiatan ini diarahkan untuk membina dan mempererat kerjasama antara pemerintah dan organisasi kemasyarakatan agar dapat terjalin dan senantiasa kompak dalam memberikan pelayan prima kepada masyarakat.

Dari momen peringatan atau perayaan HUT RI dan hari jadi Kecamatan Dungingi ini, Risman Taha pun menaruh harapan agar kiranya masyarakat dan pemerintah bisa membangunan kerjasama yang lebih baik dalam hal membangun Kecamatan Dungingi untuk tahun ke tahun selanjutnya.

“Semua ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan yang terbaik khususnya buat seluruh warga Kecamatan Dungingi, dan secara umum buat seluruh masyarakat Kota Gorontalo,” pungkas Risman.

(oli17/DM1)

Komentar anda :

Muis Syam

2.009 views

Next Post

HUT RI ke-72 di Mata Kades Pantungo

Sel Agu 15 , 2017
DM1, Gorontalo: Momen peringa-tan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-72 tahun ini, dimeriahkan dan disemarakkan di hampir seluruh penjuru negeri ini. Tak terkecuali di Desa Pantungo, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo. Komentar anda :