Forum OPD Dibentuk, Pj Bupati Sulwan Minta Pertajam Usulan Prioritas Program

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim), membentuk forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023.

Forum OPD Koltim ini mengangkat tema: “Pembangunan Infrastruktur Dasar serta Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19”.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Rapat Kantor Bappeda Koltim, Selasa (8/3/2022), dan dipimipin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Koltim, Sulwan Aboenawas.

Dalam kegiatan itu tampak diikuti oleh para pimpinan OPD lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim.

 Pj Bupati Sulwan dalam pidato pembukaan pembentukan forum OPD itu mengatakan, bahwa forum ini merupakan wahana pembahasan sekaligus wahana konsolidasi. Hal tersebut penting dilakukan untuk memperoleh kesempatan bersama mengenai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh setiap OPD, khususnya pada tahun 2023 mendatang.

Setelah itu, kata Pj Bupati Sulwan lagi, hasilnya bakal dilanjutkan dengan desk Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Koltim yang bakal dijadikan sebagai pokok pembahasan, selanjutnya akan ditetapkan pada Musrenbang kabupaten nantinya.

Sulwan mengingatkan kondisi negara dan daerah yang masih dalam keadaan dililit oleh sejumlah masalah, terutama persoalan Covid19. “Indonesia secara umum dan khususnya di Koltim, masih dihadapkan pada persoalan pandemi Covid19. Sehingga dari tema yang ada, dikembangkan lima bidang prioritas pemerintah,” ujar Pj Bupati Sulwan.

Adapun lima bidang prioritas yang dimaksud, Pj Bupati Sulwan menguraikannya. Yakni pertama, percepatan pembangunan infrastruktur dasar yang berkelanjutan.

Kedua, pembangunan manusia melalui peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan.

Ketiga, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, perkebunan, pariwisata dan melalui sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menenagah (UMKM).

Keempat, pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan seni budaya lokal. Serta kelima, menumbuhkan prestasi di bidang olahraga dan kesenian.

Tak lupa, Pj Bupati Sulwan mengajak kepada peserta Forum OPD, agar hendaknya lebih menajamkan usulan-usulan prioritas program dan kegiatan pembangunan tahun 2023 ke depan. Baik itu, usulan yang dihasilkan dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, maupun dari penyampaian pokok-pokok pikiran dari DPRD Kabupaten Kolaka Timur. (rul/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

138 views

Next Post

Bupati Cup II Resmi Dibuka, Ini Pesan Pj Bupati Koltim Sulwan Aboenawas

Jum Mar 11 , 2022
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) bekerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Koltim, menggelar pertandingan sepak bola Bupati Cup II. Pertandingan dipusatkan di lapangan sepak bola Kecamatan Loea. Komentar anda :