Sertijab Plh ke Bupati Koltim Definitif, Samsul: Eko Budiarto Cermin ASN Berdedikasi Tinggi

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Secara simbolis, Pelaksana harian (Plh) Bupati Kolaka Timur (Koltim), Eko Santoso Budiarto menyerahkan jabatan yang diembannya selama 9 hari kepada Bupati Koltim definitif hasil pemilihan 9 Desember 2020 lalu, yaitu Samsul Bahri Madjid.
Acara penyerahan yang dilaksanakan di aula pertemuan kantor bupati pada Selasa (2/3/2021) itu, Samsul Bahri didampingi oleh Wakil Bupati, Andi Merya Nur (Mery). Kegiatan ini juga turut disaksikan oleh OPD dan sejumlah staf lainnya.
Eko Budiarto adalah Plh yang ditunjuk secara langsung untuk mengelolah kebijakan pemerintahan Koltim, yakni di kala masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Tony Herbiansah-Andi Merya Nur berakhir pada 17 Februari 2021.
Di masa transisi kepemimpinan tersebut, posisi Eko Budiarto menanti keputusan resmi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) hingga pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Koltim terpilih, Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur.
Dan meskipun SBM (Samsul Bersama Mery) sudah dilantik sebagai pasangan Bupati terpilih Koltim pada Jumat (26/2/2021), namun penyerahan “tonggak” kepemimpinan tersebut baru dilaksanakan.
Selama memegang kendali roda pemerintahan sebagai Plh, Eko Budiarto melaksanakan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran untuk penanganan Covid19 berdasarkan instruksi dari pemerintah pusat, serta melaksanakan orientasi CPNS.
Pada kesempatan itu, Bupati Samsul mewakili seluruh masyarakat di Bumi Sorume (Wonua Sorume) mengucapan terima-kasih yang tak terhingga kepada Eko Budiarto selaku Plh Bupati Koltim serta sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) yang telah berakhir masa jabatan sejak 1 Maret 2021 (pensiun).
“Apa yang terjadi hari ini adalah penyerahan tanggung jawab. Kita bekerja  bukan hanya semata-mata sekadar tanggungjawab terhadap bangsa dan negara, tetapi adalah bagaimana membangun kebersamaan serta persaudaraan,” kata Bupati Samsul.
Di mata Bupati Samsul, sosok Eko Budiarto selain sebagai kakak, juga merupakan cermin insan ASN yang memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi terhadap pimpinan yang taat menjalankan aturan yang ada. Sehingga diharapkan bisa menjadi contoh bagi ASN lain di masa periode kepemimpinannya bersama Andi Merya Nur dalam bingkai “Sejahterah Bersama Masyarakat (SBM)” yang Agamis, Maju, Mandiri, dan Berkeadilan.
Dengan berakhirnya masa pengabdian Eko Budiarto sebagai pamong praja, membuat kursi Sekda Koltim untuk sementara mengalami “kekosongan”, namun tentunya akan segera diisi oleh pelaksana tugas atas petunjuk Bupati Koltim sambil menunggu proses definitif sesuai mekanisme dan prosedur di kemudian hari. (rul/dm1)
Komentar anda :

Muis Syam

118 views

Next Post

Terkait Dugaan Hura-hura KPU Awards, AMP Koltim Bakal Demo KPU dan DPRD

Rab Mar 3 , 2021
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Kegiatan malam penganugerahan “KPU Awards 2020” yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), pada Sabtu (27/2/2021), di hotel berbintang Claro Kendari, mendapat sorotan dan kritik tajam yang makin meluas di tengah-tengah masyarakat. Komentar anda :