DESA MEMBANGUNDM 1 EPERTANIANPETERNAKANSOSIALTerbaru

Basir Noho Upayakan Pasar Bulango Timur Menjadi Pasar Terintegrasi

Bagikan dengan:
Wartawan: Resti Djalil Cono~
Editor: Avi|

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bone Bolango, Basir Noho mengungkapkan, sedang berupaya untuk menjadikan Pasar Bulango Timur sebagai pasar terintegrasi dan pasar penjawab segala kebutuhan masyarakat yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

Sebelumnya untuk daerah Gorontalo sendiri, hanya memiliki satu pasar terintegrasi saja yakni di wilayah barat. Oleh karenanya, hal ini mendorong Basir agar dapat membangun pasar yang terintegrasi juga di wilayah timur. Dimana pasar tersebut mampu menghasilkan daging sehat dan halal, disamping dari menghasilkan sayur-sayuran yang terjamin mutunya.

“Pelaku Pasar Pulubala, Pasar Marungi, dan pasar-pasar yang ada di Gorontalo sudah berkomitmen untuk mengadakan pasar khusus hewan di Bulango Timur pada hari Minggu dan bisa berlanjut sampai seterusnya,” jelas Basir.

Menurut tinjauan tim DM1 pada Ahad (12/8/2018), adanya RPH (Rumah Pemotongan Hewan) dan PKH (Pos Kesehatan Hewan) di wilayah Bulango Timur menjadikan wilayah ini cocok dan terpadu bila diadakan pasar hewan. Selain itu, kegiatan ini juga telah didukung oleh kerjasama antara Dinas Pertanian dan Peternakan, serta Dinas koperasi dan UMKM.

Kerjasama dari kedua dinas ini memang sangat diperlukan, apalagi dengan adanya momen Hari Raya Idul Adha maka ketersediaan produk yang baik dan halal menjadi perhatian khusus.

“Kita coba fasilitasi transaksi jual beli hewan seperti sapi, kambing, dan ayam dalam bentuk daging segar setiap minggunya, dan ditunjang dengan komoditi holtikultura setiap harinya,” ungkap Basir.

Adapun hal yang mendasari Basir memilih Bulango Timur, karena wilayahnya yang berdekatan dengan Dinas Pertanian dan Peternakan, juga tersedianya BP3 (Balai Penyuluhan, Pertanian dan Peternakan). Sehingga kapanpun, mitra kerja tersebut dapat memantau kesehatan ternak, serta memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat tentang cara memelihara sapi dari lahir sampai siap konsumsi.

“Saya sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, dihari ulang tahun RI yang ke-73 ini, ingin  menginspirasi dan memberikan spirit berjuang dalam mengembangkan visi dan misi dibawah kepemimpinan Pak Bupati Hamim Pou dan Kilat Wartabone. Melalui momen ini, kita harus berusaha memberikan sesuatu yang real bagi masyarakat,” tutup Basir. (rdj/avi/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: