Sah! Kapten Roy Bumulo Nakhodai Masjid Agung Baiturrahim

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Setelah sempat saling menganulir hasil pemilihan Badan Takmir Masjid (BTM) Agung Baiturrahim Kota Gorontalo, seluruh pihak atau unsur pemilik hak suara pun akhirnya berhasil dihadirkan oleh Arifin Mohamad selaku Plt. Ketua Takmir di masjid ini, guna duduk bersama menyelenggarakan musyawarah pembentukan atau pemilihan BTM untuk ketiga kalinya.

Musyawarah yang digelar pada Senin (24 Juni 2024) di dalam Masjid Agung Baiturrahim tersebut, berlangsung sangat alot karena diwarnai sedikit ketegangan antar semua unsur yang hadir, di antaranya Tuan Kadi (KH. Abdul Rasyid Kamaru), pemangku adat, para jemaah, Ketua MUI Kota Gorontalo (KH. Abdul Muin Mooduto), Kasi. Bimas Islam Kemenag Kota Gorontalo (H. Salman Haji Ali), Camat Kota Selatan (Sumaryadi Tone).

Namun alotnya suasana musyawarah yang agak tegang dan memanas tersebut tidak sempat melebar, karena Arifin Mohamad selaku Plt. Ketua Takmir bersama Tuan Kadi serta para pemangku adat mampu mendinginkan situasi, meski terlihat agak kewalahan menghadapi desakan para jemaah yang meminta agar menghindari upaya penggiringan, terutama dalam memilih calon ketua BTM “titipan”.

Situasi musyawarah benar-benar telah kondusif saat disepakati empat sosok dimajukan sebagai calon ketua, yakni dengan menggunakan mekanisme pembentukan atau pemilihan ketua BTM Agung Baiturrahim dengan cara voting, bukan dengan sistim formatur.

Dan setelah dilakukan voting secara terbuka, maka musyawarah pun akhirnya menghasilkan Kapten TNI Roy Bumulo sebagai Ketua BTM Agung Baiturrahim terpilih, yakni dengan mengantongi suara sebanyak 91 persen dari sekitar 35 peserta yang memberikan suaranya, dan sebanyak 32 persen abstain.

Di penghujung musyawarah, secara terbuka sejumlah jemaah menyampaikan permohonan maafnya atas segala hal-hal yang kurang berkenan selama berlangsungnya musyawarah dari awal hingga akhir. Permohonan maaf tersebut diikuti dengan rangkaian saling berjabat tangan satu sama lain.

Sesaat usai musyawarah, Roy Bumulo selaku Ketua BTM Agung Baiturrahim terpilih menyampaikan beberapa hal penting kepada wartawan DM1. “Alhamdulillah, saya berterima kasih kepada semua pihak tanpa terkecuali. Setelah ini, kami mengajak untuk sama-sama berbuat dan berupaya mempersembahkan yang terbaik untuk kepentingan seluruh jemaah dan demi kemajuan Masjid Baiturrahim,” ujar Roy Bumulo.

Ia berharap, keamanan dan kenyamanan jemaah dalam beribadah benar-benar dapat dirasakan. “Kita akan membenahi seluruh lingkungan masjid agar bisa terlihat indah agar jemaah bisa betah beribadah di masjid ini. Dan hal-hal lain akan kita kembangkan dengan tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak berkompeten, seperti dengan Tuan Kadi, MUI, Kemenag, Pemerintah Kota Gorontalo, serta tentunya dengan seluruh jemaah,” jelas Roy Bumulo.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, KH. Abdul Rasyid Kamaru selaku Tuan Kadi Masjid Agung Baiturrahim, tak lupa menyampaikan sejumlah fatwa dan pesan-pesannya. Di antaranya, semua hal-hal positif yang menyangkut adat dalam masjid ini hendaknya tidak digeser-geser, artinya harus bisa dipertahankan dan dilestarikan.

Tuan Kadi juga berharap kepemimpinan Roy Bumulo selaku Ketua BTM Agung Baiturrahim periode 2024-2027, yang merupakan amanah tersebut dapat benar-benar berjalan dengan penuh tanggung jawab, terutama kepada Allah SWT.

Tak lupa Tuan Kadi mengingatkan agar terkait tata-tertib, kedisiplinan serta kesopanan dalam beribadah dapat lebih diperhatikan setiap saat.

—–

Berita ini juga dapat disimak melalui video berikut di bawah ini: 

(dms-dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

1,389 views

Next Post

Bayar Pajak, Cara Bijak Berbagi "Kehidupan dan Kebahagiaan" dari Generasi ke Generasi

Sab Jun 29 , 2024
Oleh: Abdul Muis Syam* DM1.CO.ID, OPINI: Sampai saat ini, sejumlah orang tampaknya masih merasa bahwa membayar pajak merupakan beban yang dapat mengurangi belanja kebutuhan keluarga. Bahkan, ada pula yang memandang bahwa pajak bagai “hantu” yang harus dihindari, sebab dinilai hanya dapat mengganggu ketenangan pikiran dan kenyamanan tidur. Komentar anda :