Ayah Mito Salurkan BLT Triwulan I 2023 ke Warga Miskin Ekstrem Desa Sogitia

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Pemerintah Desa Sogitia kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) triwulan pertama (Januari, Februari, Maret) 2023, pada Rabu (15 Maret 2023), di Aula Kantor Desa Sogitia, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Penyaluran BLT yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tersebut, kali ini fokus diperuntukkan kepada warga miskin ekstrem, yakni sesuai instruksi Presiden RI Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Warga yang dikategorikan miskin ekstrem di antaranya adalah Lansia (lanjut usia), difabel, tinggal sendirian, memiliki penyakit kronis atau menahun, tidak bekerja, rumah tidak layak huni, tidak memiliki fasilitas air bersih dan sanitasi yang memadai serta kondisi memprihatinkan lainnya.

“Khusus bagi warga Desa Sogitia bila biasanya kami menyalurkan ke semua golongan, sepanjang bukan PNS, TNI, Polri dan penerima bantuan dalam bentuk lainnya yang berada dari desa misal PKH, BPNT dan sebagainya, maka penyaluran BLT kali ini Pemerintah Desa Sogitia mengkhususkan kepada warga yang benar benar-benar membutuhkan, yakni yang masuk dalam kategori miskin ekstrem,” jelas Kepala Desa (Kades) Sogitia, Sumitro Lopuo, SH.I.

“Mengingat dana BLT yang setiap tahun berkurang jumlah penerimanya, maka kali ini kami selaku pihak pemerintah desa hanya menetapkan beberapa warga sebagai penerima BLT yang dinilai sebagai pihak yang benar-benar membutuhkan bantuan ini, yaitu kepada mereka yang berkategori miskin ekstrem,” sambung Ayah Mito (sapaan akrab Sumitro Lopuo.

Untuk di Desa Sogitia, kata Ayah Mito, jumlah penerima BLT khusus warga miskin ekstrem ini adalah sebanyak 31 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). “Mereka inilah yang kami fokuskan sebagai penerima BLT, dan mereka jangan sampai terabaikan,” ujar Ayah Mito.

Ayah Mito mengungkapkan, besaran nilai BLT-DD kemiskinan ekstrem yang diterima per KPM adalah sebesar Rp.300.000 per bulan, yang saat ini diserahkan sebanyak Rp.900.000 untuk tiga bulan yakni Januari, Februari dan Maret.

Pada kesempatan tersebut, Ayah Mito pun berharap kepada para penerima BLT hendaknya dapat menggunakan sebaik-baiknya bantuan tersebut. “BLT yang baru saja diterima oleh para KPM, kami berharap dapat dibelanjakan untuk pemenuhan keperluan yang benar-benar dibutuhkan. Dan sebaiknya jangan digunakan ke ha-hal yang tidak terlalu mendesak,” ucap Ayah Mito. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

110 views

Next Post

Berharap Ada Dukungan dari Pihak Ketiga, Warga Desa Sogitia Mulai Gotong Royong Bangun Jalan Tani

Sab Mar 18 , 2023
DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Jalan tani rabat beton di Desa Sogitia, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango akhirnya pelan-pelan mulai dibangun dan dikerjakan secara swadaya oleh warga desa setempat. Komentar anda :