Selang 12 Jam, Majene 2 Kali Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 5,9 dan 6,2

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, MAJENE: Dari laman gempabumi terkini Badan Meteorologi, dan Gefisika (BMKG) melaporkan, bahwa Wilayah Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), diguncang gempa bumi dua kali dalam selang waktu sekitar 12 jam.

Yakni, gempa bumi pertama berkekuatan Magnitudo 5,9, terjadi pada Kamis (14/1/2021) pukul 14.35:49 WITA di 4 Km Barat Laut Majene, dengan titik gempa berada di koordinat 2,99 LS (Lintang Selatan) dan 118,89 BT (Bujur Timur).

Gempa bumi pertama yang terjadi di darat di hiposentrum atau pada kedalaman 10 Km itu, dirasakan mulai dari Majene, Mamuju, Mamuju Utara, Mamuju Tengah, Tana Toraja, Mamasa, Pinrang, Pare-pare, Polewali Mandar, Tanah Grogot, hingga di Balikpapan.

Selanjut, selang sekitar 12 jam, atau pada Jumat dini-hari (15/1/2021) pukul 02.28:17, Majene kembali diguncang gempa bumi dengan kekuatan yang lebih besar, yakni Magnitudo 6,2.

Gempa bumi susulan ini juga terjadi di darat 6 Km di Timur Laut Majene pada kedalaman 10 Km dengan titik koordinat yang nyaris sama dengan gempa bumi pertama. Yakni di 2,98 LS dan 118,94 BT itu, dirasakan di wilayah Majene, Palu, hingga Kota Makassar.

Kepada masyarakat, BMKG mengimbau agat tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, BMKG dalam laman resminya juga menyatakan, kedua gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun demikian, masyarakat diminta agar senantiasa berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. (msy /dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

6,434 views

Next Post

Bertekad Cetak Generasi Unggul di Desa Sogitia, Kades Mito Giatkan TPQ-RQ & BKMT

Sab Jan 16 , 2021
DM1.CO.ID, BONE BOLANGO : Sebagai wadah pendidikan Islam yang bersifat non-formal, Taman Pendidikan al-Quran (TPQ) dan juga Rumah Quran (RQ) tentulah diharapkan dapat menghasilkan generasi-generasi unggul dan  berkualitas yang berakhlakul karimah. Komentar anda :
Ucapan Puasa Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. Gorontalo
Perumda Muara Tirta: Dirgahayu Kota Gorontalo ke-296
Ucapan Puasa PMI Prov. Gorontalo
Ucapan Kadis PUPKP Prov. Gorontalo: HUT Kota Gorontalo ke-296