HARI INI :

PARTNER PEMERINTAH, KAWAN RAKYAT

Pola Penyakit Tidak Menular Meningkat, Dikes Provinsi Gorontalo Upayakan Deteksi Dini

Bagikan dengan:

Wartawati/Editor: Dewi Mutiara

DM1.CO.ID, GORONTALO: Pergeseran trend penyakit dari menular ke Penyakit Tidak Menular (PTM), membuat Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melakukan persiapan dalam menghadapi fakta kesehatan tersebut.

Persiapan yang dilakukan adalah pemantapan institusi melalui pelatihan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) PTM Intitusi di tingkat Provinsi Gorontalo.

Hal tersebut disampaikan Misranda Nalole, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo kepada awak media usai pembukaan kegiatan, Selasa (17/9/2019), bertempat di Grand Q Hotel Gorontalo.

“Kita melihat ada perubahan pola penyakit yang bergeser dari menular ke penyakit tidak menular, sehingga kami berharap ada yang melaksanakan deteksi dini melalui Posbindu itu di lintas sektor yang ada di kabupaten/kota,” ungkap Misranda

Misranda mengatakan, pelatihan ini sangat penting dilakukan sebab institusi setiap sektor akan menjadi perpanjangan tangan Dinas Kesehatan dalam mendeteksi PTM di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu.

“Ini harus diedukasi karena mereka ini diharapkan bisa menjadi penyambungtangan ke puskesmas terdekat, ketika ada hal-hal yang dilihat ataupun terindikasi adanya deteksi dini di PTM di masing-masing OPD,” terang Misranda.

Pelatihan Posbindu tersebut digelar selama empat hari yakni 17-20 September 2019 dan diikuti oleh berbagai OPD yang ada di Provinsi Gorontalo diantaranya, Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) dan Dinas Sosial. (dmk/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
  • 12856