Lebaran Idul Fitri 1440 H Jatuh Pada Rabu 5 Juni 2019

Bagikan dengan:

Wartawan: Kisman Abubakar~Editor: Dewi Mutiara

DM1.CO.ID, JAKARTA: Hari Idul Fitri 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu 5 Juni 2019. Penetapan ini berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Kementrian Agama (Kemenag) di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2019).

Dengan penetapan tersebut, Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari, tidak ada perbedaan antara pemerintah dengan Muhammadiyah tahun ini. Semua sepakat Idul Fitri serentak pada Rabu 5 Juni.

“Sebagaimana kaidah yang berlaku, ketika hal itu terjadi maka Bulan Ramadhan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari. Itu artinya besok hari Selasa kita masih berpuasa karena masih Ramadhan. Dengan demikian 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019,” jelas Menag Lukman Hakim Saifuddin saat konferensi Pers.

Menag Lukman Hakim juga menjelaskan dari hasil pengamatan petugas rukyat di 33 provinsi,  posisi bulan baru masih dibawah ufuk.

“Dari 33 Provinsi diseluruh indonesia, ada 105 titik yang mengamati posisi hilal, semuanya
menyatakan tidak satupun melihat hilal,” ungkap Menag Lukman Hakim.

Dilansir detik.com, turut hadir dalam sidang isbat diantaranya imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, perwakilan duta besar negara sahabat, dan Mahkamah Agung.

Sidang isbat juga dihadiri oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG); Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan); Badan Informasi Geospasial (BIG); Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB); Planetarium; pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kementerian Agama; serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. (kab/dmk/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up