PMI Provinsi Gorontalo Seleksi Kontingen Jumbara Nasional 2023 Lampung, Ishak Liputo: Tidak Ada Nepotisme

DM1.CO.ID, GORONTALO: Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Gorontalo menyelenggarakan Latgab  (Latihan Gabungan) dan Seleksi Peserta Jumbara Nasional 2023 Tingkat Provinsi Gorontalo, yang berlangsung dari Sabtu-Senin (14-16 Januari 2023), di Aula Huyula Ambu, Balai Guru Penggerak Provinsi Gorontalo.

Ratna Habibie selaku Ketua Panitia pada kesempatan tersebut menyebutkan, kegiatan Latgab dan seleksi ini diikuti 73 peserta yang terdiri dari 72 orang anggota Palang Merah Remaja (PMR) kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo, dan 1 orang koordinator Pokis.

Dasar diselenggarakannya kegiatan ini, urai Ratna Habibie, yakni di antaranya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kepalang-merahan, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PMI, Pokok-pokok kebijakan PMI tahun 2019-2024, Surat PMI Pusat 10 Agustus 2022 perihal kegiatan Jumbara ke-9 tahun 2023, dan hasil rapat Koordinasi teknis (Rakornis) Bidang Anggota dan Relawan tanggal 13 Desember 2022, Rapat PMI Provinsi Gorontalo bersama PMI kabupaten/kota tanggal 7 Januari 2023, Pokok-pokok kebijakan program PMI Provinsi Gorontalo tahun 2022-2027.

Kegiatan ini, lanjut Ratna Habibie, mengusung tema: “Relawan Masa Depan yang Aktif, Partisipatif, dan berprestasi”.  Sehingga, kegiatan ini bertujuan sebagai pembinaan bagi anggota PMR Provinsi Gorontalo, sekaligus dapat terbentuknya kontingen Jumbara Nasional ke-IX PMI Provinsi Gorontalo.

Dikatakannya, 72 peserta yang mengikuti Latgab dan seleksi ini terdiri dari PMR yang berasal dari seluruh tingkatan sekolah se-Provinsi Gorontalo, yakni tingkat Mula (SD), tingkat Madya (SMP), dan tingkat Wira (SMA dan sederajat).

 

Sementara itu, Ishak Liputo, S.IP selaku Ketua PMI Provinsi Gorontalo dalam sambutannya pada kegiatan tersebut menyampaikan beberapa hal penting.

Menurut Ishak Liputo, Latgab dan Seleksi ini dilakukan adalah sebagai bagian tahapan dalam rangka mempersiapkan para anggota PMR PMI Provinsi Gorontalo, yakni untuk diutus sebagai kontingen pada kegiatan Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) yang akan digelar di Lampung, pada 26 Juni hingga 2 Juli 2023 mendatang.

Ishak Liputo mengungkapkan, dari 72 anggota PMR yang menjadi peserta Latgab dan seleksi ini, telah disepakati nantinya yang dinyatakan berhak mengikuti Jumbara di Lampung utusan PMI Provinsi Gorontalo adalah total 36 orang PMR untuk seluruh tingkatan (Mula, Madya, dan Wira).

Olehnya itu, Ishak Liputo mengingatkan dan meminta kepada seluruh peserta untuk benar-benar bisa menunjukkan keterampilan dan kemampuan masing-masing agar dapat lulus seleksi dan terpilih sebagai kontingen PMR-PMI Provinsi Gorontalo dalam Jumbara ke-IX di Lampung.

Ishak Liputo menegaskan, dalam Latgab dan Seleksi ini dilakukan dengan mengedepankan objektivitas, dan menitik-beratkan 3 penilaian utama, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap.  

Dalam menentukan atau menetapkan hasil seleksi, Ishak Liputo menjamin tidak akan ada unsur-unsur pendekatan yang berbau nepotisme. “InsyaAllah, kami lakukan ini karena ini merupakan pembinaan, jadi tidak ada like and dislike, semuanya dilakukan berdasarkan kemampuan dari seluruh peserta, kami selalu mengedepankan objektivitas, siapapun dia kalau dia memiliki kemampuan maka itu yang kami ikutkan dalam Jumbara,” ujar Ishak Liputo.

“Terhadap seleksi yang dilakukan ini, memang kita sudah sepakati 36 orang yang dikirim ke Jumbara, yakni Mula dua orang, Madya dua orang, dan Wira dua orang,” sambung Ishak Liputo.

Ishak Liputo menambahkan, bahwa setelah Jumbara Nasional ini, maka selanjutnya akan ada Jumbara tingkat internasional yang diikuti oleh Bulan Sabit Merah. “Pelaksanaannya ditentukan di tingkat ASEAN,” ujar Ishak Liputo.

Selain mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini, Ishak Liputo juga tak lupa mengingatkan bagi peserta Latgab dan seleksi yang nantinya dinyatakan terpilih sebagai kontingen agar dapat lebih meingkatkan kemampuannya.

Dan bagi peserta yang belum beruntung terpilih dari hasil seleksi, Ishak Liputo memberikan motivasi agar tidak patah semangat. Sebab, PMR merupakan sosok relawan kemanusiaan yang selalu dibutuhkan pergerakannya dalam setiap lini kehidupan. (dms-dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

108 views

Next Post

Para Pemilih “Siluman” dalam Pilkades Pembeyoha Hari ini Bakal Diverifikasi Dukcapil Koltim

Sel Jan 17 , 2023
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Dugaan terjadinya mobilisasi pemilih “siluman (dari luar) sebanyak 58 orang untuk ikut memberikan suara dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pembeyoha, Kecamatan Ladongi, yang diselenggarakan pada Senin (19/12/2022), telah dilaporkan secara hukum ke Polsek Ladongi oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) “Marennu” bersama para pendukung Johan Jafar sebagai Calon […]