Minat Baca Minim, Kadis Perpustakaan Boalemo Gelar Lomba Bercerita

Wartawan: Kisman Abubakar~
Editor: AMS

DM1.CO.ID, BOALEMO: Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Boalemo adakan Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Tingkat Kabupaten Boalemo, di Grand Amalia Hotel-Tilamuta, Selasa (20/2/2018).

Lomba bercerita tersebut dibuka langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Boalemo, dihadiri Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Gorontalo, dan para peserta lomba dari setiap kecamatan beserta orang tua.

Tema yang diambil dalam lomba bercerita tersebut ialah: “Menumbuh Kembangkan Budaya Membaca Demi Terwujudnya Masyarakat yang Cerdas, Inovasi, dan Relijius”.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Gorontalo mengatakan, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan minat baca siswa semenjak usia dini.

“Intinya kegiatan seperti ini untuk menanamkan karakter cerita nasionalisme, kejujuran, kesetiakawanan,” ujar Kadis Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Dr. Joseph P. Kotton. S.Sos, MM.

Dikatakannya, bagi siswa yang menang dalam tingkat Kabupaten, akan diseleksi lebih ketat lagi di tingkat provinsi untuk mengikuti lomba seperti ini di ajang nasional.

Untuk itu, Joseph berharap, agar siswa lebih mengutamakan perpustakaan yang terdapat di sekolah masing-masing, agar selalu gemar membaca untuk meningkatkan pengetahuan dan bisa mendapat nilai yang bagus.

“Kami juga dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Gorontalo selalu membantu suplay pengadaan buku-buku di setiap perpustakaan sekolah, agar bisa menunjang kualitas pendidikan di tingkat sekolah itu,” tutur Joseph.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Boalemo, Yakop Yusuf Musa mengatakan, banyak manfaat yang akan dicapai dalam membudayakan minat membaca.

Dan pada kegiatan Lomba Bercerita ini, Yakop menekankan seluruh kecamatan di Boalemo harus mengutus masing-masing perwakilan siswa.

“Seperti dijelaskan Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Gorontalo, Kabupaten Boalemo presentasinya masih sangat minim minat membaca dari masyarakat. Untuk itu kami berharap dari Pemeritah Provinsi dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Gorontalo, meminta dukungan baik dari segi meteril dan moril agar kita bisa bergerak bersama untuk mendongkrak minat baca bagi seluruh masyarakat Kabupaten Boalemo,” jelas Yakop. (kab/dm1c)

Komentar anda :

Muis Syam

1.910 views

Next Post

MTQ Boalemo, Ini Pesan Bupati Darwis Moridu

Rab Feb 21 , 2018
Wartawan: Kisman Abubakar~ Editor: AMS DM1.CO.ID, BOALEMO: Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Boalemo Tahun 2018, resmi dibuka oleh Bupati Boalemo H. Darwis Moridu, di halaman Masjid Agung Baiturrahma, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, pada Selasa (20/2/2018). Komentar anda :