Kecamatan Bone Raya Raih 3 Juara dalam MTQ IX 2020 Bone Bolango

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONEBOLANGO: Pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2020, Kecamatan Bone Raya berhasil meraih sejumlah juara dalam beberapa cabang yang dilombakan.

Juara tersebut adalah juara pertama Qoriah golongan Tilawah dewasa putri; Juara juara kedua Qori golongan Tilawah dewasa putra; dan juara ketiga Sadela.

Menjadi salah satu peserta yang berhasil memboyong beberapa juara, Kusno Tangahu selaku Camat Bone Raya, mengaku sangat bangga sekaligus mengungkapkan terima kasihnya terhadap masyarakatnya.

Dengan hasil tersebut, Camat Kusno tentunya merasa tidak sia-sia menggodok para peserta, yakni dengan turun langsung melakukan audisi sebagai tahapan seleksi untuk menjadi perwakilan Kecamatan Bone Raya.

“Meski tidak mendapat juara satu untuk tingkat kabupaten, namun paling tidak masyarakat tetap juara di hati saya,” ungkap Kusno riang.

Menyinggung masalah virus Corona yang cukup meresahkan, ternyata Camat Kusno mengaku sudah mewaspadai kemungkinan-kemungkinannya.

“Bone Raya tetap menjaga peserta MTQ. Yakni di samping karantina peserta MTQ, karantina wilayah Bone Raya juga dilakukan untuk mencegah sejak dini masuknya Covid-19 di Bone Raya, hingga sampai kepada peserta yang ikut dalam MTQ ini,” ujar Kusno.

Sebelumnya, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Senin (16/3/2020), membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2020, di Lapangan Likada, Kecamatan Kabila.

Ada ratusan kafilah dari 18 kecamatan nampak antusias mengikuti defile. MTQ kali ini mengusung tema: “MTQ Kabupaten Bone Bolango adalah Sebagai Momentum dalam Mengisi Pembangunan Bangsa yang Beragama dan Menciptakan Generasi Qurani”.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Hamim  menyebutkan, tujuan dilaksanakannya MTQ itu, tidak lain adalah untuk menyiarkan Islam dengan bacaan ayat-ayat suci alQuran.

Selain itu, menurut Hamin, adalah untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah, memotivasi masyarakat untuk meningkatkan minat baca tulis huruf alQuran, serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan peserta tentang kandungan kitab suci alQuran.

Misnawaty Wantogia  selaku Ketua panitia  melaporkan, bahwa MTQ ini dilaksanakan dari tanggal 16 hingga 21 Maret 2020, diikuti 276 peserta dari 18 kecamatan dengan berbagai macam cabang lomba yang dimusabaqahkan.

Yakni, cabang tartil 17 peserta, cabang tahfidz 1 Juz 12 peserta, cabang tilawah 44 peserta, cabang tahfidz 5 Juz 4 peserta, cabang tahfidz 10 Juz 3 peserta, cabang tahfidz 20 Juz 1 peserta, dan cabang tahfidz 30 Juz 1 orang.

Juga ada cabang fahmil Quran 3 peserta, cabang syarhil Quran 3 peserta, cabang khottil Quran golongan hiasan mushaf 5 peserta, cabang khottil Quran golongan dekorasi 5 peserta, cabang khottil Quran golongan naskah 4 peserta, sadela 70 peserta, dan cabang khottil Quran golongan kontemporer 5 peserta. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: