Camat ini “Door to Door” Layani Warga untuk e-KTP

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Selain kendala teknis, seperti gangguan jaringan, pemadaman aliran listrik dari PLN dan keterbatasan blangko e-KTP, kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman data ke Dinas Kependudukan Capil di wilayah masing-masing juga masih kurang.

Dengan adanya berbagai kendala tersebut, ternyata ada hal menarik yang telah dilakukan oleh petugas Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo, guna menyukseskan perekaman data e-KTP. Yakni, melakukan door to door dengan langsung mengunjungi warga di rumah masing-masing.

Selain telah mengingatkan para warga wajib e-KTP melalui pengeras suara di masjid, dan menggelar pertemuan dengan para tokoh masyarakat, para petugas Kecamatan Kota Timur juga turun langsung door to doo” di lapangan layaknya seorang “sales” untuk merekam data para warga wajib e-KTP.

“Hal yang mendasar mengapa kami melakukan hal ini, karena banyak dari warga kami yang mengalami cacat, baik cacat fisik maupun cacat mental,” ujar Eladona Sidiki, Camat Kota Timur, Kota Gorontalo.

Di sisi lain, kata Eladona, door to door ini tentu saja meringankan beban warga dan tidak akan menyita waktu dan kesibukan para warga. “Jadi gak harus lagi ngantri di Disdukcapil. Dan bakal menghemat ongkos,” tutur Eladona.

Dengan adanya inovasi kecil yang dilakukan seperti itu, menurut Eladona, setidaknya ada progres 30-40% dari total wajib e-KTP yang belum melakukan perekaman. “Dan kami bakal meningkatkan pelayanan secara kontinuitas,” pungkas Eladona kepada DM1 di sela-sela kesibukannya.

(Rivan-DM1)
Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

1,686 views

Next Post

Pounds Melemah, Rupiah Diprediksi Menguat

Rab Okt 5 , 2016
(DM1-Jakarta) Walaupun dolar Amerika Serikat (USD) kembali menguat, rupiah diprediksi masih mampu mengalami kenaikan. Kurs poundsterling melemah ke level terendah selama lebih dari tiga dekade akibat terpukul kekhawatiran dampak keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit). “Diharapkan adanya penguatan pada harga minyak dunia pasca rencana OPEC mengetatkan output produksi dapat menahan […]
Ucapan Puasa Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. Gorontalo
Perumda Muara Tirta: Dirgahayu Kota Gorontalo ke-296
Ucapan Puasa PMI Prov. Gorontalo
Ucapan Kadis PUPKP Prov. Gorontalo: HUT Kota Gorontalo ke-296