Menyikapi Persoalan Perda, Aleg Demokrat Angkat Bicara

Bagikan dengan:

Wartawati: Resti Djalil Cono~Editor: Dewi Mutiara 

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Menyikapi persoalan Peraturan Daerah (Perda) yang ada di wilayah Pemerintahan Kabupaten Bone Bolango, salah satu anggota legislatif DPRD Kabupaten Bonebol, Robby Hunawa dari Fraksi Demokrat angkat bicara.

Menurutnya, selama ini Perda tersebut belum berjalan sesuai harapan, terutama dalam penegakan terhadap Perda itu sendiri.

“Dalam struktur penegakan Perda, kita ketahui bahwa didalamnya terdapat kepala daerah dan unsur penegak hukum sebagai pembina dan pengawas. Untuk itu dengan lahirnya Perda sesuai kesepatan bersama, maka harus benar-benar berjalan maksimal sesuai yang diharapkan,” tegas Robby.

Tidak sampai disitu saja, Robby mengatakan, jangan sampai penerapan perda ini hanya sebatas fomalitas saja, namun tidak berdampak ke masyarakat sekitar, dengan perda tersebut maka bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terutama menyangkut ketentraman masyarakat.

“Misalnya saja untuk Perda minuman keras yang saat ini tengah di revisi, dipastikan punya kekuatan hukum yang kuat dan mendasar untuk menindakinya nanti. Penindakan harus mempunyai efek jera bagi yang melanggar aturan, jangan hanya sebatas penegakan di atas kertas tetapi realisasinya tak nampak, ini juga yang sering ditemukan dilapangan,”Jelas robby.

Lebih lanjut, Robby mengharapkan, kedepan Satpol PP diberikan penguatan ekstra terutama dalam hal penegakan aturan, karena dengan berlakunya Perda di setiap daerah setidaknya memberi dampak positif di masyarakat. (rdc/dmk/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
Scroll Up