Marten Taha: Kabar Gembira untuk Jaminan Investasi di Pemerintah Daerah

Bagikan dengan:

Wartawati/Editor: Dewi Mutiara

DM1.CO.ID, GORONTALO: Wali Kota Gorontalo, Marten Taha menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2020 di Jakarta, Kamis (20/2/2020)

Rakornas bertemakan Investasi untuk Indonesia Maju itu, dibuka Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri seluruh pejabat dan pemangku kepentingan baik pusat maupun daerah.

Pada kesempatan itu, pemerintah pusat membawa kabar gembira bagi seluruh pemerintah daerah, termasuk Gorontalo. Dalam menjamin kemudahan berinvestasi, pemerintah pusat akan mengucurkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK), khususnya Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP)

“Presiden RI Joko Widodo menyetujui usulan seluruh kepala DPM-PTSP se Indonesia, atas pengalokasian anggaran DAK di instansi tersebut di daerah. Guna menunjang pelaksanaan program kegiatan di instasi itu, khusus investasi dan perijinan. Kami dari Pemerintah Kota Gorontalo, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo, karena sudah menaruh perhatian besar terhadap daerah,” ujar Marten.

Dalam Rakornas, peserta berkesempatan berdiskusi langsung bersama jajaran menteri Kabinet Kerja Presiden RI Joko Widodo untuk membahas permasalahan investasi yang terjadi di daerah.

Pemerintah Kota Gorontalo sendiri, menurut Marten, sering menemukan berbagai kendala dalam melaksanakan pelayanan investasi dan perijinan kepada masyarakat. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat kinerja petugas DPM-PTSP Kota Gorontalo bahkan terus melakukan perbaikan.

Pelayanan di DPM-PTSP Kota Gorontalo yang meningkat, pengurusan izin semakin mudah, membuat DPM-PTSP Kota Gorontalo meraih penghargaan dari pemerintah pusat.

“Setiap pemerintahan daerah atau instansi termasuk DPM-PTSP Kota Gorontalo, bukan hal baru dipertemukan dengan persoalan. Tapi, karena terus melakukan pembenahan baik dari Sumber Daya Manusia (SDM), pelayanan, tugas dan kinerja. Maka rating dari DPM-PTSP Kota Gorontalo pun naik dengan signifikan, bahkan masuk dalam kategori A dari Kemenpan-RB, penghargaan dari Kominfo RI atas penggunaan aplikasi Sicantik cloud dan penghargaan tertinggi dari Ombudsman,” jelas Marten.

Kepala DPM-PTSP Kota Gorontalo Mohamad Kasim mengatakan, pemerintah Kota Gorontalo telah melaksanakan harapan pemerintah pusat dalam melaksanakan pelayanan yang prima dan perbaikan sarana dan prasarana.

Kasim menambahkan, hal tersebut dibuktikan dengan sudah terintegrasinya perijinan di Kota Gorontalo khususnya DPM-PTSP, seperti pelayanan melalui aplikasi OSS yang semakin baik, hingga penggunaan tanda tangan elektronik bagi pemohon izin usaha.

“Kedepannya yang perlu kami lakukan, yakni memangkas prosedur perijinan yang masih memakan waktu lama dalam pengurusan ijin. Kemudian salah satu wujud DPM-PTSP Kota Gorontalo sudah seirama dengan Pemerintah Pusat, yaitu adanya Peraturan Daerah tentang Kemudahan Investasi, yang dimiliki Kota Gorontalo,” jelas Mohamad Kasim. (dmk/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: