HARI INI :

PARTNER PEMERINTAH, KAWAN RAKYAT

Optimalkan Promosi Kesehatan 2019, Dinkes Provinsi Gorontalo Bangun Kemitraan dengan DM1 Online

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Orang bilang, tahun 2019 ini adalah tahun “panas”. Disebut begitu, karena di tahun ini juga bangsa ini sedang bersiap-siap menggelar Pemilu, April 2019.

“Tapi hari ini kita berkumpul di sini, bukan untuk membahas masalah Pemilu, apalagi yang berkaitan dengan politik. Yang kita bicarakan hari ini harus benar-benar jauh dari nuansa politik,” ujar Misranda Nalole selaku Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo dalam prolog sambutannya, pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Media Mitra Kesehatan, di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Jumat (18/01/2019).

Rakor tersebut digelar, adalah sebagai langkah awal membangun kemitraan Dinkes Provinsi Gorontalo dengan Dunia Media Satu (DM1) online bersama 11 media massa lainnya yang ada di Provinsi Gorontalo.

Olehnya itu, Misranda menegaskan, salah satu tujuan Rakor ini adalah untuk memperkuat peran media massa dengan Dinkes Provinsi Gorontalo dalam penyebaran informasi secara efektif dengan menyajikan promosi kesehatan kepada masyarakat.

Misranda menekankan, penyebaran informasi yang dimaksud tentu saja harus bermuatan edukatif, agar masyarakat bisa benar-benar mendapatkan pencerahan dan pemahaman yang bermanfaat.

Sejauh ini, menurut Misranda, Dinkes Provinsi Gorontalo selalu bekerjasama dengan berbagai media yang ada di Provinsi Gorontalo.

Misranda menyebutkan, dari berbagai isu kesehatan, media butuh tambahan data yang nantinya bisa ditopang dari Dinas Kesehatan. Sehingga informasi yang disebarluaskan bisa utuh dan menyeluruh.

“Koordinasi dengan seksi Promosi Kesehatan sangatlah penting, sebab beberapa kali kami sering ditemui wartawan atau media dengan mempertanyakan berbagai masalah ini. Ada yang kami beri, ada juga yang harus selektif, jangan sampai kami salah memberikan informasi,” ujar Misranda didampingi Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Provinsi Gorontalo, Nancy Pembengo.

Dikatakannya, Dinkes Provinsi Gorontalo selalu mendukung upaya media dalam mempromosikan kesehatan, khususnya di Gorontalo. Sebab peningkatan derajat kesehatan masyarakat adalah wujud komitmen dinas kesehatan terhadap masyarakat itu sendiri.

Sementara itu Nancy Pembengo menjelaskan, nantinya Dinkes Provinsi Gorontalo akan membuat Media Briefing untuk menginformasikan berbagai isu terkini mengenai kesehatan, serta mengklarifikasi masalah-masalah yang timbul di masyarakat.

“Kegiatan itu juga sebagai wadah untuk edukasi kepada media, agar dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat bisa tersampaikan secara baik dan luas. Tidak ada salah presepsi antara kami dan media, sehingga edukasi tentang peningkatan derajat kesehatan masyarakat akan tersampaikan lebih bagus lagi,“ pungkas Nancy Pambengo. (dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:
  • 12856
  • 14483