Harumkan Provinsi Gorontalo, Karateka Remaja Putri Suwawa Timur ini Raih Medali Emas di TKC

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Bertanding di hari pertama dalam kejuaraan Ternate Karate Championship (TKC), kontingen Wadokai Gorontalo berhasil mendapatkan satu medali emas dari kategori Kata Kelas Pemula Putri, yakni atas nama Iqen Qirana Y. Puneli.

TKC ini merupakan kejuaraan yang diselenggarakan dalam memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Ternate, Ketua Forki Provinsi Maluku Utara dan Ketua Umum KONI Kota Ternate, yakni dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ternate (Hajat) ke-771 Tahun 2021.

Kejuaraan yang diikuti oleh atlet Karate se-Indonesia Timur ini dilangsungkan selama 3 hari, yakni Jumat hingga Ahad (17-19 Desember 2021), di GOR Sport Hall Marimoi Kota Ternate, Maluku Utara.

Sebagai Ketua Kontingen Wadokai Gorontalo, Alfred Paudi, mengaku sangat bangga dan bersyukur terhadap prestasi yang diraih oleh Iqen Qirana Y. Puneli. “Alhamdulilah kontingen Wadokai Gorontalo dibuka dengan peraihan satu medali emas, oleh Iqen Qirana Y. Puneli di kategori Kata Kelas Pemula Putri dalam kejuaraan se-Indonesia Timur di ajang Ternate Karate Championship. Kami sangat bersyukur dengan hasil ini,” kata Alfred.

 Alfred Paudi mengatakan, meski baru berusia sekitar 13 tahun, namun Iqen Qirana Y. Puneli telah beberapa kali mengikuti kejuaraan karate dan berhasil meraih medali serta mampu mengharumkan nama Provinsi Gorontalo, khususnya Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango.

Iqen Qirana Y. Puneli sendiri tercatat sebagai atlet tingkat nasional cabang Karate-do putri di kategori siswi/pelajar. Ia sempat menjuarai pertandingan karate pada O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) sekolah dasar tingkat kecamatan, kemudian lanjut ke tingkat kabupaten dan juga provinsi, hingga dinyatakan berhak lolos ke tingkat nasional, di Jogyakarta pada 2018.

Selain itu, Iqen Qirana Y. Puneli juga sempat meraih juara 2 Kata Beregu di Kejuaraan Daerah (Kejurda), atau Kejuaraan Karate Open Turnament Cup II Shotokan Kandaga Indonesia (Shokaido), yang diselenggarakan dari tanggal 5-7 Maret 2021, di Kabupaten Boalemo.

Sehingga itu, Alfred Paudi mengaku tidak heran jika Iqen Qirana Y. Puneli sebagai atlet Karate berdarah Suwawa Timur itu mampu meraih emas pada kejuaraan karate se-Indonesia Timur di Kota Ternate, Maluku Utara itu.

Sementara itu Yusuf Puneli selaku orang tua Iqen Qirana Y. Puneli yang ikut mendampingi putrinya berlaga di TKC itu, mengaku sangat bangga serta salut atas perjuangan keras dan tidak mudah menyerah dari seluruh atlet berserta offcial kontingen Wadokai Gorontalo.

Yusuf Puneli juga tak lupa mengucapkan terima-kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung guna kesuksesan kontingen Wadokai Gorontalo dalam ajang TKC ini.

“Terima kasih kami sampaikan selaku orang tua atlet, kepada Ketua Wadokai Provinsi Gorontalo Bapak Yakub Tangahu beserta seluruh pengurus, Ketua Wadokai Kabupaten Bone Bolango Bapak Paris Djali bersama semua pengurus. Juga terima kasih kepada seluruh orang tua atlet karateka, seluruh dermawan yang telah berpartisipasi atas keikutsertaan kontingen Gorontalo dalam kejuaraan se-Indonesia Timur di Ternate, Provinsi Maluku Utara ini,” tutur Yunus Puneli.

“Saya bangga, dan sangat terharu atas semua ini. Terima kasih sekali lagi bagi semua pihak telah membuka peluang bagi anak-anak kami di ujung Suwawa Timur, bisa menjadi anak-anak yang berprestasi di kancah nasional, bahkan untuk nantinya di tingkat internasional,” pungkas Yusuf Puneli. (res/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

447 views

Next Post

TKC 2021: Wadokai Gorontalo Turunkan 13 Atlet, Menyabet 14 Medali

Sel Des 21 , 2021
DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Provinsi Gorontalo mengambil bagian dalam Kejuaraan Ternate Karate Championship (TKC) yang berlangsung selama 3 hari, yakni Jumat hingga Ahad (17-19 Desember 2021), di GOR Sport Hall Marimoi Kota Ternate, Maluku Utara. Komentar anda :