Gorontalo Raih Juara 1 Penilaian Germas Regional Tengah Timur

Wartawan: Kisman Abubakar | Editor: Dewi Mutiara

DM1.CO.ID, GORONTALO: Upaya Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dalam menggerakkan masyarakat hidup sehat kini menuai hasil menggembirakan.

Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya Provinsi Gorontalo meraih juara satu umum pada penilaian Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk regional Tengah Timur.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB dr. Rosina Kiu pada pertemuan Evaluasi Germas di daerah tahun 2018 Regional Tengah dan Timur, Selasa (22/10/2019) di Hotel Aryaduta Makassar.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI ini, bertujuan untuk melakukan studi evaluatif terhadap pelaksanaan Germas baik di tingkat pusat maupun daerah.

Pada pertemuan itu, setiap provinsi memaparkan profil kemajuan pelaksanaan Germas, capaian, evaluasi, tantangan, kendala, inovasi-inovasi dan praktek pelaksanaan Germas di tingkat daerah yang kesemuanya itu dinilai oleh tim panelis dari pusat.

Selain Provinsi Gorontalo, juga hadir perwakilan dari Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua dengan total provinsi yang turut berpartisipasi sebanyak 18 provinsi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB dr. Rosina Kiu mengatakan, Gorontalo telah melakukan berbagai upaya dalam menyukseskan pelaksanaan Germas hingga ke tingkat bawah.

Upaya Germas ini bertujuan untuk menekan angka Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Hipertensi, Stroke, Diabetes, Kanker, dan Jantung Koroner.

Lanjut dr. Rosina, Keberhasilan Gorontalo dalam upaya tersebut karena dukungan serta peran aktif pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, lintas sektor, juga lintas program untuk berinovasi dalam menggaungkan Germas sampai ke level masyarakat.

“Semoga masyarakat akan paham pentingnya hidup sehat dan selalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” tutur dr. Rosina.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Naloloe SE, Msi kepada awak media menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih.

Ia berharap, pencapaian ini dapat terus dipertahankan, mengingat komitmen pimpinan daerah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, caranya dengan mengimplementasikan Germas di sendi-sendi kehidupan masyarakat maupun pada tataran kebijakan pemerintahan.

“Saya ucapkan selamat atas pencapaian ini. Harapannya agar hasil tersebut menjadi motivasi dan semangat untuk terus menggalakkan dan mengkampanyekan Germas ke depan, Germas harus lebih masif dan membudaya lagi,” pungkas Misranda. (kab/dmk/dm1)

Dewi DM1

5,358 views

Next Post

Anak-anak Main Api, Rumah di Dulalowo Timur Hangus Terbakar

Kam Okt 24 , 2019
Wartawan: Mohammad Irsyad | Editor: Dewi Mutiara DM1.CO.ID, GORONTALO: Rumah Kosong di Kelurahan Dulalowo Timur, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo terbakar, Rabu (23/10/2019) Sekitar Pukul 10.30 WITA. Informasi yang dihimpun kru DM1 di lokasi kejadian, sempat terjadi simpang siur penyebab kebakaran yang beredar di kalangan warga sekitar. Ada yang mengatakan […]