Pemkab Boalemo Hibahkan Rp 100 Juta untuk Renovasi Masjid Kuba Sultan Raja Hurudji

Wartawan: Kisman Abubakar~
Editor: Avi|

DM1.CO.ID, BOALEMO: Setelah 15 tahun lamanya, Masjid Kuba di atas Makam Raja Hurudji akhirnya direnovasi kembali oleh Pemerintah Kabupaten Boalemo dengan menggunakan dana hibah sebesar Rp.100 juta.

Pembangunan kembali masjid tersebut dibuktikan dengan diletakkannya batu pertama oleh Bupati Boalemo Darwis Moridu pada Rabu (5/9/2018), yang disaksikan langsung oleh Pimpinan SOPD, tokoh masyarakat, imam masjid, serta jamaah Masjid Kuba Sultan Raja Hurudji.

Dalam kesempatannya, Darwis Moridu mengatakan sejak Kabupaten Boalemo dipimpin oleh Almarhum Iwan Bokings, Masjid Kuba Sultan Raja Hurudji ini sudah dibangun. Maka di waktu sekarang, sudah menjadi tanggungjawab Darwis untuk melestarikan peninggalan para pendahulu Boalemo  tersebut, agar bisa dikenang sampai akhir hayat oleh generasi ke generasi.

“Karena ini merupakan satu-satunya makam peninggalan raja yang hingga kini masih terlihat dan merupakan simbol peradaban kerajaan di Kabupaten Boalemo,” ujar Darwis.

Jika melihat catatan sejarah hingga akhir tahun 2006, makam dari Raja Hurudji sebenarnya tidak berada di dalam masjid. Hanya saja masjid ini sengaja dibangun di lokasi makam, agar tampak bahwa makam tersebut berada di dalam masjid, dan untuk melindungi makam Raja Hurudji supaya sejarahnya tidak hilang ditelan zaman.

Bupati Boalemo pun berharap, masyarakat bisa lebih memanfaatkan keberadaan Masjid Kuba Sultan Raja Hurudji ini dengan hal-hal yang bernilai ibadah.

Dan untuk menuju lokasi makam Raja Hurudji yang terletak di Gunung Potong Desa Modelomo, Kecamatan Tilamuta membutuhkan jarak tempuh kurang lebih 2 jam, dengan menggunakan kendaraan bermotor dari pusat Kota Gorontalo. (kab/avi/dm1)

Komentar anda :

Dewi DM1

2.135 views

Next Post

DPKH Kabgor Gelar Kegiatan Temu Pelaku Usaha Peternakan dengan Stakeholder Terkait

Rab Sep 5 , 2018
Wartawan: Faizal Ns~ Editor: Avi| DM1.CO.ID, GORONTALO: Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo membeberkan, jumlah dana yang diinvestasikan untuk rencana pembangunan pabrik pakan ternak di Gorontalo adalah sebesar Rp. 1,2 triliun. Komentar anda :