Didampingi Mahasiswa KKS di Desa Molamahu, Kades Erwis Turun Langsung Mendata & Verifikasi KPM-RTM

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONE-BOLANGO: Pemerintah Desa Molamahu, pada medio Februari 2022, telah melakukan pendataan terkait penetapan jumlah Kepala Keluarga (KK) calon penerima bantuan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pendataan yang dilakukan secara door to door dan dipimpin langsung oleh Erwis Tumuhulawa selaku Kepala Desa (Kades) Molamahu itu, dilakukan sekaligus dalam rangka verifikasi dan validasi data Rumah Tangga Miskin (RTM).

Dengan didampingi oleh Ketua BPD, Pendamping Lokal Desa (PLD), aparat desa, serta para Mahasiswa KKS Tematik, Kades Erwis menyatakan bahwa pendataan ini sengaja dilakukan secara door to door agar pemerintah desa dapat melihat, dan merasakan secara langsung seperti apa kondisi kehidupan rumah tangga yang tengah dirasakan oleh warga desa setempat.

Selain itu, menurut Kades Erwis, pendataan yang dilakukan secara langsung ini juga dimaksudkan agar data yang ditemui benar-benar sesuai dengan kondisi riil dan sebenarnya, serta pemalsuan data dapat dihindari dan bahkan ditiadakan.

“Data (yang sesuai dengan kondisi) ini adalah harapan masyarakat terhadap kita pemerintah desa. Dengan data yang benar-benar diverifikasi secara langsung seperti ini, maka itu dapat kami pertanggung-jawabkan nanti, dan sebagai bahan dasar acuan kami dalam menentukan langkah-langkah selanjutnya untuk kesejahteraan masyarakat Desa Molamahu,” tegas Kades Erwis, pada Selasa (8/2/2022).

Pada kesempatan itu pula Kades Erwis tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan pendataan tersebut, terutama apresiasi kepada para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Sibermas (KKS) Tematik IAIN Sultan Amai Gorontalo yang turut serta bergabung bersama pemerintah desa, BPD, PLD dalam melakukan pendataan di lapangan walaupun baru sehari melaksanakan kegiatan KKS.

“KKS Tematik di Desa Molamahu, para mahasiswa sudah mulai beraktivitas dengan masyarakat dan kami pemerintah desa Molamahu, bahkan sangat antusias ikut menyukseskan kegiatan yang telah kita rencanakan sedemikian rupa,” pungkas Kades Erwis dengan raut wajah senang. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

565 views

Next Post

Terpaksa Pakai Daya dan Dana Sendiri, Petani Ladongi Jaya Minta Pemda Koltim Atasi Proyek Saluran Persawahan yang Dinilai Asal Jadi

Sab Feb 12 , 2022
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Kehadiran proyek pekerjaan perbaikan (rehabilitasi) saluran penahan air untuk persawahan tahun 2021 di Kelurahan Jaya, Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) yang diharapkan dapat memberikan kemudahan, ternyata malah hanya mendatangkan keresahan bagi petani setempat. Komentar anda :