Di Kecamatan Ueesi dan Uluiwoi, Bupati Samsul Paparkan Prioritas RKPD Koltim

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Dengan memperhatikan isu-isu strategis, maka rancangan kerja jangka menengah pemerintah daerah bertitik tolak pada: 1.Penanggulanan kemiskinan; 2.Peningkatan kualitas SDM; 3.Peningkatan daya saing ekonomi dan produktivitas tenaga kerja; 4.Pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan daya dukung lingkungan dan SDA; 5.Peningkatan tata kelolah pemerintahan; 6.Peningkatan kapasitas infrastruktur dasar wilayah.
Hal tersebut dipaparkan H. Samsul Bahri, SH, M.Si selaku Bupati Kolaka Timur (Koltim) dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di  Kecamatan Ueesi, Selasa (9/3/2021), yang dilanjutkan pada Rabu (20/3/2021) di Kecamatan Uluiwoi.
Musrenbang tersebut mengangkat tema “Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Sektor Unggulan dan Percepatan Peningkatan infrastruktur Dasar”.

Pada kesempatan itu, Bupati Samsul menegaskan, bahwa dengan isu-isu strategis yang ada, maka prioritas pembangunan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Koltim tahun 2022 diarahkan pada peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan.
Diuraikannya, program unggulan kesehatan seperti pemberian jaminan kesehatan berupa Kartu Sehat Daerah (KSD) yang akan dilaunching pada saat HUT Koltim tahun ini.
Sementara, kata Bupati Samsul, program unggulan untuk percepatan pembangunan infrastruktur daerah adalah berupa  pembangunan jalan kabupaten setiap tahun di setiap kecamatan minimal 2 kilometer setiap tahun.
Bupati Samsul juga mengingatkan pentingnya pengembangan jalan provinsi dan peningkatan jalan nasional, pemberian stimulan bagi infrastruktur desa/kelurahan, peningkatan nilai tambah ekonomi dari sektor pertanian, pariwisata dan kesempatan kerja dengan program unggulan pengembangan komoditi khas Koltim seperti kakao, nilam, padi sawah dan penanganan pasca panen.
Selain itu, lanjut Bupati Samsul, Pemda Koltim juga aka berupaya menumbuhkembangkan pariwisata desa dan mempromosikan potensi wisata kabupaten, pelestarian lingkungan hidup,  pengembangan budaya dan tata kelola pemerintahan.
Program unggulannya, sambung Bupati Samsul, adalah meningkatkan kapasitas tokoh adat, lembaga adat, kapasitas tokoh agama, lembaga keagamaan, peningkatan peran pemuda melalui kegiatan kepemudaan, pengembangan disiplin dan kapasitas aparatur.
“Prioritas rancangan kerja itu diharapkan dapat menuntaskan visi kami yang kami emban, secara bertahap dan berkelanjutan di masa lima tahun ke depan. Saya dan ibu wakil tentu tidak bisa berjalan sendiri, namun haqqul yakin dengan semangat dan dukungan, support dari seluruh komponen masyarakat, akan menjadi motivasi dan spirit yang kuat bagi kami dalam mewujudkan Sejahterah Bersama Masyarakat (SBM) Koltim,” jelas Bupati Samsul.
Turut hadir dalam Musrenbang ini di antaranya Wakil Bupati Koltim, Andi Merya Nur, S.IP; Ketua DPRD, Hj. Suhaemi Nasir; Pj Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa S.STP, M.Si; Ketua TP-PKK, Hj Diana Samsul Bahri; beberapa anggota DPRD Koltim; pimpinan OPD; serta sejumlah tokoh masyarakat.
Musrenbang di Kecamatan Ueesi, dirangkai dengan pertandingan sepak bola ekspedisi antara tim dari pemerintah kabupaten melawan tim pemerintah desa/kecamatan.

Pada pertandingan itu, tim desa/kecamatan berhasil dilumpuhkan oleh tim kabupaten dengan skor akhir 5-0. Semua gol yang bersarang di gawang tim desa/kecamatan berasal dari tendangan Bupati Samsul.
Masyarakat setempat tampak antusias menyaksikan jalannya pertandingan yang digelar sebagai wujud kebersamaan antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah desa. Sekaligus juga menjadi wahana hiburan dari pemerintah daerah kepada masyarakat.
Selain itu, Musrenbang yang diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati Koltim itu juga diwarnai dengan acara syukuran bersama tim relawana/simpatisan atas terpilihnya Samsul Bahri dan Andi Merya sebagai pasangan Bupati Koltim pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 lalu. (rul/dm1)
Komentar anda :

Muis Syam

158 views

Next Post

Peringati Isra Mi’raj 1442 H di Andowengga, Ini Pesan Bupati Koltim

Jum Mar 12 , 2021
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Bupati Kolaka Timur (Koltim), H. Samsul Bahri Madjid, SH, M.Si, menghadiri acara Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah atau 2021 Masehi, di Desa Andowengga, Kecamatan Poli-Polia, pada Kamis petang (11/3/2021). Komentar anda :