Desa Sogitia Susun RKP-Des 2023, Ini Sejumlah Prioritas Programnya

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Pemerintah Desa Sogitia, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) di Aula PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Desa Sogitia, pada Kamis (13/10/2022).

Selain dihadiri Sumitro Lopuo, SH.I selaku Kepala Desa (Kades) Sogitia, Musdes tersebut juga diikuti oleh Camat Bone, BPD, Babinsa, Kapolsek, para aparat desa, Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD), unsur perwakilan petani dan nelayan, perwakilan perempuan, pemuda, serta sejumlah tokoh masyarakat lainya.

Ayah Mito (sapaan akrab Kades Sumitro Lopuo) pada kesempatan tersebut menyebutkan, Musdes ini dilaksanakan dengan agenda penyusunan perencanaan pembangunan desa, yakni Rencana Kerja Pemerintah Desa atau RKP-Des tahun 2023.

Pelakasanaan Musdes RKP-Des mengacu pada Permendagri Nomor 114 tahun 2014 tentang Pembangunan Desa, dan Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa.

Sedangkan prioritas Penggunaan Dana Desa mengacu pada Permendesa PDTT Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

Musdes RKP-Des ini, kata Ayah Mito, bertujuan menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Sogitia untuk tahun anggaran 2023 yang akan datang.

Dalam Musdes tersebut terungkap sejumlah progam yang akan menjadi prioritas untuk dilaksanakan pada tahun anggaran 2023. Yakni di antaranya jalan usaha tani, bibit pertanian, bantuan alat-alat seperti jaring dan perahu serta mesin ketinting bagi nelayan, Sarana Olahraga (Sorga) desa, tanggul dan tambatan, UMKM dan lain sebagainya.

Program-program prioritas tersebut, menurut Ayah Mito, akan dicantumkan dalam dokumen RKP-Des Sogitia.

Ayah Mito pun mengajak kepada para aparat desa beserta seluruh warga Desa Sogitia untuk senantiasa menjaga kekompakan, dan tetap menjalin komunikasi serta kerja sama secara positif dalam rangka memacu pembangunan di desa ini.

Sementara itu salah seorang warga Desa Sogitia, Selpin Ladja (40) yang turut hadir dalam Musdes tersebut menyatakan apresiasinya terhadap RKP-Des Sogitia 2023.

Kepada DM1 seusai Musdes, Selpin mengatakan, sejauh ini Sumitro Lopuo sampai pada periode ketiga ini sebagai Kades Sogitia telah memperlihatkan keberpihakannya, dan juga keseriusannya membangun Desa Sogitia.

“Saya sangat bangga dengan Kades Sogitia (Ayah Mito) dari awal pemerintahannya sampai saat ini belum didapati kontra dari masyarakat dikarenakan segalanya diprioritaskan untuk kami sebagai warganya. Mengingat saat ini sudah tiga periode sebagai kepala desa, maka untuk menjadi Kades kembali tidaklah mungkin lagi, tetapi kami sangat mendukung jika Ayah Mito ingin maju bertarung di tahun 2024 mendatang sebagai wakil rakyat,” tutur selpin dengan mantap. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

232 views

Next Post

“Endus“ Adanya Dugaan Korupsi Makan-Minum DPRD Koltim, LSM Barak Telusuri Fakta-fakta

Sab Okt 15 , 2022
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barisan Rakyat Anti Korupsi (BARAK) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), mengaku saat ini sedang “mengendus” kebenaran informasi menyangkut dugaan korupsi makan dan minum di Sekretariat DPRD Koltim tahun 2021-2022. Komentar anda :