Pemkot Gorontalo Canangkan Program “Tancap” Nikah

Wartawan: Alfisahri Pakaya-
Editor: AMS

DM1.CO.ID, GORONTALO: Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, meresmikan program “Tancap” (Tanda Aman Calon Pengantin) Nikah, di Gedung Yiladia Rumah Dinas Wali Kota Gorontalo, Sabtu (8/7/2017).

Program yang di launching langsung oleh Wakil Walikota Gorontalo, dr. Charles Budi Doku, itu mendapat apresiasi besar dari berbagai elemen dan tokoh-tokoh masyarakat serta para pemuka agama di kota yang berjuluk Serambi Madinah ini.

Pada acara launching program tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, dr. Nur Albar, dalam sambutannya mengakui bahwa “Tancap” Nikah ini adalah sebagai upaya menurunkan angka kematian ibu dan anak.

“Target kami juga menurunkan kematian ibu dan anak. Dengan program tancap nikah, kami menginginkan para calon pengantin bisa mempersiapkan kesehatan mereka saat memasuki gerbang rumah tangga,” ujar dr. Nur Albar.

Sebelum pasangan melangsungkan pernikahan, kata dr. Nur Albar, mereka diwajibkan terlebih dulu melakukan pemeriksaan kesehatan di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

Setelah itu, lanjut dr. Nur Albar, pasangan calon pengantin akan diberi sertifikat yang nantinya akan dibawa ke Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai bukti bahwa pasangan itu telah melewati proses pemeriksaan kesehatan.

Dijelaskannya, hal itu dilakukan adalah untuk mencegah berbagai penyakit yang (kemungkinan) diderita calon pengantin, yang nantinya akan berdampak pada kesehatan ibu dan cabang bayi. “Jika calon pengantin didiagnosa menderita penyakit tertentu, maka mereka akan menjalani pemeriksaan lanjutan,” jelasnya.

Dijelaskannya, pemeriksaan itu dilakukan untuk mengantisipasi jabang bayi tidak tertular penyakit yang diderita orang tuanya. Olehnya, Dinas Kesehatan Kota Gorontalo terus berupaya memberikan pelayanan agar bayi mereka tidak mendapat penyakit menular dari orang tuanya.

Diungkapkannya, bahwa proses pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasangan calon pengantin tersebut sepenuhnya tanpa biaya (gratis).

Dokter Nur Albar juga menegaskan, bahwa pihaknya menjamin kerahasiaan seluruh data kesehatan calon pengantin. Olehnya itu, masyarakat tidak perlu kuatir datanya diketahui oleh orang lain.

(k17/DM1)

Komentar anda :

Muis Syam

1.972 views

Next Post

Kejurnas Motorprix Region V Sukses Diadakan di Boalemo

Ming Jul 9 , 2017
Wartawan: Kisman Abubakar- Editor: AMS DM1.CO.ID, GORONTALO: Kejuaraan Nasional Motorprix Region V seri ke Empat berlangsung lancar dan sukses di Kabupaten Boalemo, Sabtu-Ahad (8-9/7/2017). Komentar anda :