Pasca PSBB, Tempat Wisata di Kota Gorontalo Kembali akan Dibuka

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Gorontalo akan segera berakhir. Dan sesudah itu, aktivitas di sejumlah tempat wisata di Kota Gorontalo pun akan segera kembali dibuka.

Hal tersebut disampaikan Gafar Dude selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Gorontalo, pada Senin (22/6/2020).

Gafar menyebutkan, membuka kembali tempat wisata tersebut, adalah dimaksudkan sebagai upaya untuk memulihkan pemasukan PAD (Pendapatan Asli Daerah) di sektor pariwisata, yang sempat terhenti akibat kebijakan pemerintah selama PSBB berlangsung.

Tempat wisata di Kota Gorontalo yang akan segera dibuka kembali tersebut, diantaranya Benteng Otanaha, Pemandian Bak Potanga, Pemandian Lahilote dan Rumah Adat Dulohupa.

“Senin (28 Juni 2020) pekan depan sudah mulai dibuka. Dan ini salah satunya dalam rangka untuk pemulihan PAD Kota Gorontalo, serta menunjang aktivitas masyarakat yang sebelumnya terhenti akibat PSBB,” ungkap Gafar Dude.

Meski begitu, lanjut Gafar, pihaknya akan tetap membatasi jumlah pengunjung demi mencegah terjadinya kerumunan orang di tempat wisata, yakni dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Jumlah pengunjung yang dibatasi maksimal 25 orang. Seperti di tempat permandian, dan akan menggunakan sistem antrian berjarak waktu. Bagi pengunjung wajib menggunakan masker saat hendak masuk dan berada di dalam tempat wisata,” jelas Gafar.

Selain tempat wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, Gafar menyebutkan, tempat wisata milik swasta juga diizinkan untuk dibuka. Namun dengan syarat, sambung Gafar, para pengunjung wajib menerapkan aturan protokol kesehatan secara ketat.

“Bagi tempat wisata milik swasta yang tidak menerapkan protokol kesehatan, akan kami berikan sanksi yang berdampak pada penutupan kembali tempat wisata tersebut,” tegas Gafar. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: