Angka Kematian Ibu dan Bayi Menurun, Pelayanan Kesehatan Keluarga Prioritas Dikesprov Gorontalo

Bagikan dengan:

Wartawati/Editor: Dewi Mutiara

DM1.CO.ID, GORONTALO: Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole SE, Msi, membuka secara resmi Orientasi Teknis Pelayanan Kesehatan Keluarga Tingkat Provinsi Gorontalo, Senin (28/10/2019).

Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari sejak 28-31 Oktober 2019 bertempat di New Rahmat Hotel, Kota Gorontalo.

Pada kesempatan tersebut, Misranda menjelaskan bahwa kesehatan keluarga merupakan salah satu program prioritas utama Pembangunan Kesehatan.

“Kesehatan keluarga meliputi kesehatan Ibu, bayi baru lahir, bayi, balita, anak pra sekolah, remaja dan lansia (life cycle approach),” jelas Misranda.

Misranda menambahkan, Indikator Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) juga menjadi salah satu sasaran pokok RPJM Tahun 2015 -2019.

“AKI telah berhasil diturunkan dari 359 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2012 (SDKI 2012) menjadi 305 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2015 (SUPAS 2015). Sementara AKB juga telah mengalami penurunan dari semula 32 per 1000 kelahiran hidup (SDKI 2012) menjadi 24 per 1000 kelahiran hidup (SDKI 2017),” ungkap Misranda.

Lanjut Misranda, selain AKI, AKB, Indonesia juga menghadapi masalah kesehatan lain yang menjadi prioritas pembangunan kesehatan, salah satunya adalah stunting.

“Stunting merupakan konsekuensi dari masalah gizi kronik yang terjadi pada saat ibu hamil sampai usia 2 tahun. Stunting yang terjadi pada masa awal kehidupan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan seorang anak, juga menimbulkan gangguan pada tahap kehidupan selanjutnya,” terang Misranda.

Atas dasar itu, demi meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan keluarga sesuai target standar pelayanan minimal (SPM), serta memenuhi kebutuhan petugas kesehatan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai.

Maka dilaksanakan Orientasi Teknis Pelayanan Kesehatan Keluarga yang diikuti oleh 34 orang pengelola program kesehatan keluarga pada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota
dan PKM terpilih se-Provinsi Gorontalo.

“Diharapkan dengan mengikuti Orientasi Pelayanan Kesehatan Keluarga ini, peserta mampu menyerap apa yang diberikan oleh fasilitator dan dapat diterapkan ditempat kerja masing-masing,” pungkas Misranda. (dmk/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Dewi DM1

5,398 views

Next Post

Peringatan HKN ke-55, Wagub: Generasi Sehat Wujud Nyata Pembangunan Manusia

Sab Nov 2 , 2019
Wartawati/Editor: Dewi Mutiara DM1.CO.ID, GORONTALO: Pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi Gorontalo mencanangkan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 tingkat Provinsi Gorontalo, Jumat (1/11/2019) bertempat di halaman kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Acara dibuka langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo Idris Rahim, pada kesempatan itu, Wagub Idris mengarahkan Hari Kesehatan […]