|Update 15/3/2020| Di Indonesia Sudah 117 Orang Dinyatakan Positif Virus Corona, 5 Meninggal

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, JAKARTA: Kemarin, Sabtu (14/3/2020), terdapat 96 pasien di Indonesia yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona.

Angka tersebut saat ini, Ahad pagi (15/3/2020) bertambah 21 pasien. Sehingga kini secara keseluruhan di Indonesia sudah terdapat 117 pasien yang dipastikan terinfeksi virus Corona.

“Per hari ini dari lab yang saya terima pagi, ya. Hari ini kita dapatkan 21 kasus baru, di mana 19 di antaranya di Jakarta, 2 di Jawa Tengah,” ungkap Achmad Yurianto selaku Juru Bicara (Jubir) penanganan virus Corona, seperti dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, Ahad pagi (15/3/2020).

Achmad Yurianto membeberkan, penambahan kasus di Jakarta adalah merupakan hasil penelusuran terhadap kontak dari kasus sebelumnya.

Setelah itu, menurut Achmad Yurianto, data pasien positif akan diberikan kepada pihak rumah sakit yang akan meneruskan informasi kepada pasien.

Selain itu, kata Achmad Yurianto lagi, dokter yang merawat pasien juga perlu memberitahu pihak Dinas Kesehatan setempat.

“Dokter pun harus menyampaikannya ke Dinkes setempat karena ini penting dalam konteks untuk tracing,” imbau Achmad Yurianto.

Kepala Dinkes, kata Achmad Yurianto, berkomunikasi dengan kepala daerah masing-masing.Selanjutnya, kepala daerah yang akan menginformasikan kepada masyarakat sesuai strategi mereka.

Sebelumnya, Achmad Yurianto menginformasikan, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia per Jumat (13/3/2020) mencapai 69 pasien. Dan angka itu bertambah 27 pasien, sehingga pada per Sabtu siang (14/3/2020) jumlah pasien menjadi 96 orang.

“Ini didapatkan dari tracing yang kita kerjakan secara masif,” kata Yuri di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Salah seorang pasien yang ikut dinyatakan positif terinfeksi Corona tersebut adalah Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang kini dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Namun dari jumlah pasien yang positif tersebut, terdapat 8 pasien dinyatakan sembuh. Pasien dinyatakan sembuh setelah dua kali negatif pada pemeriksaan virus Corona.

“Indikasinya tidak ada keluhan fisik, dan dua kali pemeriksaan virus dinyatakan negatif,” tutur Achmad Yurianto.

Salah satu yang membuat pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19, menurut Achmad Yurianto, karena mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Achmad Yurianto pun membeberkan, selain ada pasien yang sembuh, juga ada 5 pasien Covid-19 yang meninggal karena terdapat indikasi faktor penyakit pendahulu. (dml/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: