Tak Perlu Kecewa Layanan Terbatas Karena PSBB, BSG Punya Solusi Transaksi Online

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BOALEMO: Saat ini, pihak Bank SulutGo (BSG) cabang Tilamuta melayani nasabahnya pada jam kerja dengan membatasi pelayanan hanya dengan jumlah 20 nasabah setiap putaran antrian. Hal ini dilakukan guna mematuhi anjuran pemerintah mengenai PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Kondisi tersebut, tentu saja bisa membuat para nasabah mengeluh, sebab bisa berjam-jam mengantri untuk menunggu giliran sesuai nomor urut antrian.

Mareyke Kamaru selaku Branch Manager Bank SulutGo Tilamuta, membenarkan hal tersebut. “Iya, pihak kami membatasi pelayanan dengan cara menerima nasabah hanya dengan jumlah 20 orang setiap jam jam kerja,” ujar Mareyke Kamaru seraya menyebutkan, bahwa jam kerja dibuka dari pukul 08.30 sampai pukul 14.30 WITA.

Namun, menurut Mareyke Kamaru, nasabah tak perlu cemas, apalagi kecewa. Sebab, pihak BSG jauh-jauh hari sudah menerapkan transaksi berbasis online, dan tentu saja transaksi berbasis online ini dapat membantu masyarakat saat ini yang dibatasi oleh aturan pemerintah mengenai PSBB.

“Dari segi pelayanan tentu saja kami dari pihak BSG dapat memudahkan para nasabah dengan cara bertransaksi berbasis online,” tutur Mareyke Kamaru.

Bagi nasabah BSG yang ingin mendapatkan pelayanan secara online salah satunya, menurut Mareyke Kamaru, yaitu  dengan cara SMS Banking.

Mareyke Kamaru pun menjelas langkah-langkah untuk mendapatkan layanan SMS Banking. Yakni:

  1. Telah menjadi nasabah Bank Sulut

  2. Mendaftarkan Nomor HP dan Nomor Rekening Anda melalui cabang/cabang Pembantu Bank SulutGo terdekat.

  3. Informasi PIN (6 digit) akan Anda terima via SMS, bila aktivasi layanan telah sukses dilakukan

  4. Disarankan untuk melakukan perubahan PIN setelah mendapatkan Informasi PIN dari Bank SulutGo.

Selanjutnya, Mareyke Kamaru mengurai cara menggunakan layanan SMS Banking tersebut. Yakni untuk bertransaksi, masukkan/ketik format perintah (lihat pada petunjuk penggunaan) dan kirimkan via SMS ke nomor layanan HP Banking SMS: 3654.

Alternatif lainnya adalah dengan mendownload Aplikasi BSG SMS Banking di PlayStore menggunakan HP yang berbasis Android. Caranya. Buka PlayStore,  dan cari (search) dengan mengetik “BSGSMS”. Setelah ditemukan, maka download (pasang).

“Jika telah didownload, maka aplikasi itu sudah siap dipakai, dengan cara buka aplikasi BSGSMS itu,” kata Mareyke Kamaru.

Untuk Aplikasi BSG SMS Banking di AppStore masih dalam tahap pendaftaran. Nasabah akan mendapatkan notifikasi SMS yang berisikan PIN nasabah sesuai dengan nomor Handphone yang didaftarkan oleh nasabah.

Fitur yang di dalamnya pun berupa informasi saldo; informasi mutasi rekening terakhir; transfer internal/sesama BSG; transfer antar bank/ke bank lain; pembelian pulsa (Simpati, AS, IM3, Mentari, XL, Three); pembelian pulsa internet Telkomsel; pembelian “pulsa”/token listrik PLN; pembayaran (Kartu Halo, XL, Matrix, Telkom (telepon), BIG TV, pembayaran tagihan listrik PLN; Pembayaran PDAM, pembayaran SAMSAT; pembayaran PBB, Pembayaran Pajak Daerah, ganti PIN, menu favorit; Top up (GOJEK, OVO). “Untuk nasabah pihak perusahaan juga bisa diakses pada BSG Direct dengan cara pengajuan di kantor BSG,” jelas Mareyke Kamaru.

Selain fitur tersebut. BSGSMS Banking ini juga telah mengalami peningkatan keamanan dengan menggunakan SMS konfirmasi sebagai sarana nasabah melakukan validasi dan otorisasi atas transaksi yang dilakukan. Yaitu:

  1. Transaksi informasi saldo dan history transaksi static PIN challenge, dan hanya mengirim 1 kali SMS.

  2. Konfirmasi transaksi setiap akan melakukan transaksi SMS Banking.

  1. Pembelian pulsa internet Telkomsel.

  2. Top up (GOJEK, OVO).

Jadi selain transaksi lewat ATM, pihak Bank SulutGo juga menyediakan pelayanan melalui SMS Banking, dan bahkan ada juga BSG Touch dan BSG Samsat. “Untuk BSG Touch, tinggal menunggu persetujuan dari pihak Bank Indonesia dalam waktu dekat ini,” ungkap Mareyke Kamaru.

Untuk nasabah pihak perusahaan juga bisa diakses pada BSG Direct dengan cara mengaktifkan fiturnya di atas, jadi tidak perlu lagi datang ke kantor. Begitupun untuk pihak nasabah Pemdes (Pemerintah Desa), ada Kasda online desa, serta Pemda (Pemerintah Daerah) ada Kasda online, bayar pajak kendaraan dan PBB pun tidak perlu antri, karena sudah ada PBB online.

Jadi, kata Mareyke Kamaru, semua transaksi sudah bisa dilakukan secara online tanpa harus antri datang di Bank SulutGo, terkecuali untuk nasabah membuka rekening baru.

Tentu saja sebagai mitra perbankan yang unggul, Bank SulutGo akan terus memberikan pelayanan prima kepada nasabah, khususnya di Kabupaten Boalemo. “Maka BSG sebagai ‘torang pe bank’ so boleh transaksi terus melalui fitur online, biar Lockdown,” pungkas Mareyke Kamaru. (kab/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: