Wali Kota dan Wawali Gorontalo Pantau  Penyaluran BST Tahap kedua ke 1.663 KPM

DM1.CO.ID, GORONTALO: Program Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap kedua  dari Kementerian Sosial RI, khususnya di wilayah Kota Gorontalo,  mulai disalurkan pada Rabu (13/5/2020).

Proses penyalurannya dipantau langsung oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, didampingi Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono, serta sejumlah OPD terkait, yang diselenggaran oleh PT. Pos Indonesia Kota Gorontalo, bertempat di Kantor Kelurahan Ipilo (Kecamatan Kota Timur) dan Kantor Kecamatan Kota Utara.

Pada kesempatan tersebut, Marten Taha mengungkapkan, penyaluran BST tahap pertama sudah direalisasikan oleh Kemensos RI langsung melalui bank, kemudian ditransfer ke masing-masing rekening Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Berdasarkan data yang ada di kementerian.

Pada tahap ke dua ini, kata Marten Taha, penyalurannya dilakukan oleh Kantor Pos dengan jumlah penerima sebanyak 1.663 KPM. Demikian juga untuk penyaluran BST tahap ke tiga dan empat  masih menggunakan Kantor Pos.

Marten Taha mengakui, proses penyaluran ini sedikit lambat, karena harus diantar ke alamat penerima masing-masing. Meski begitu, lanjut Marten  Taha, pihaknya akan berupaya mempercepat proses pembayarannya.

“Program BST pada tahap ke dua ini terdapat 1.663 KPM, sedangkan pada tahap ke tiga dan empat sebanyak 5.272 KPM. Jadi total ada 6.935 penerima,” beber Marten Taha.

Besaran yang diterima oleh setiap KPM, ungkap Marten Taha, adalah sejumlah Rp.600 Ribu dalam satu bulan. Artinya, penyaluran, baik dari tahap pertama hingga keempat khusus untuk  pembayaran bulan ini.

“Awalnya kami mengusulkan ke Kemensos RI sebanyak 8.190 KPM, namun yang dipenuhi hanya 6.935. Apabila dihitung dengan yang kita usulkan, ditambah penyaluran langsung pada tahap pertama sebanyak 1.359, berarti keseluruhan akan tercover 9.294 KPM ,” ungkap Marten Taha.

Melalui kesempatan tersebut, Wali Kota Marten Taha berharap, kiranya pihak Kemensos dapat segera merealisasikan untuk dua tahap sisanya, sebelum memasuki hari raya Idul Fitri 1441 H.

“Ini juga untuk memudahkan target kita  mendistribusikan sembako program JPS tahap dua. Kita berkeinginan bantuan, baik dari pemerintah pusat maupun daerah dapat tersalurkan secara merata. Setiap penerima hanya bisa memperoleh satu jenis bantuan,” tegas Marten Marten.

Untuk memastikan bantuan tersalurkan secara merata dan tepat sasaran, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo pun mewajibkan setiap kantor kelurahan hendaknya mencatumkan nama penerima bantuan di papan pengumuman, agar masyarakat mengetahui jenis bantuan yang diperoleh sekaligus menghindari terjadinya penggandaan data. (red-rls/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

3 views

Next Post

Dari Hasil Patungan, Karang Taruna “Ninimboto” Poduwoma Bagikan Makanan Siap Santap

Kam Mei 14 , 2020
DM1.CO.ID, BONEBOLANGO: Di tengah kondisi sulit akibat masalah pandemik virus Covid19, Karang Taruna “Ninimboto” Desa Poduwoma, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, justru mampu tampil memperlihatkan kegiatan positif. Komentar anda :