Dari Hasil Patungan, Karang Taruna “Ninimboto” Poduwoma Bagikan Makanan Siap Santap

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, BONEBOLANGO: Di tengah kondisi sulit akibat masalah pandemik virus Covid19, Karang Taruna “Ninimboto” Desa Poduwoma, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, justru mampu tampil memperlihatkan kegiatan positif.

Kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna “Ninimboto” Desa Poduwoma tersebut, adalah merupakan aksi sosial kemanusiaan di bulan Suci Ramadan, yang sekaligus juga sebagai kepedulian dalam meringankan beban sesama di masa sulit akibat ancaman wabah virus Corona. Yakni, membagi-bagikan makanan siap santap kepada para warga.

Berawal dari rapat singkat, Della Mahmud selaku Ketua Karang  Taruna  “Ninimboto” menyarankan kepada para anggotanya, untuk kiranya juga bisa ikut andil pada masa Covid19 ini sekaligus sebagai aksi amal dalam bulan Ramadan, yakni melalui kegiatan bagi-bagi makanan siap santap.

Saran itupun disetujui oleh para anggota Karang Taruna “Ninimboto”, termasuk sepakat dengan anggaran yang harus disediakan melalui patungan secara ikhlas dari seluruh anggota karang taruna.

“Alhamdulillah, pada saat rapat itu semua anggota karang taruna ikhlas menerima rencana ini untuk dilaksanakan, bahkan bersegera agar bisa direalisasikan mengingat puasa akan segera berakhir,” ungkap Della Mahmud.

Pembagian makanan siap santap kepada para warga, yang pengadaannya berasal dari kantong patungan para anggota Karang Taruna “Ninimboto” itupun sukses terselenggara.

Della Mahmud menyebutkan, dari persiapan hingga ke tahap pengadaan serta ke proses bagi-bagi makanan tersebut, akhirnya bisa dilakukan secara sukses, pada Rabu (13/5/2020).

“Alhamdulillah pada hari Rabu, 13 Mei 2020, pukul 16.00, hingga waktu buka puasa setempat, karang taruna ini telah berhasil melaksanakan suatu kegiatan berupa pembagian makanan siap santap ke rumah-rumah warga di lapisan bawah,” ungkap Della Mahmud kepada Wartawan DM1.

Ia mengatakan, secara cepat makanan siap santap itu sudah dibagi habis oleh tim anggota karang taruna kepada warga di tiga dusun yang ada di Desa Poduwoma.

Yusuf Puneli selaku Kepala Desa (Kades) Poduwoma mengaku bangga dan terharu dengan adanya kegiatan yang diinisiatif dan dilaksanakan langsung oleh Karang Taruna “Ninimboto”.

Kades Yusuf Puneli pun berharap kiranya kegiatan sosial seperti ini dapat dipertahankan, dan tentunya ke depan kiranya bisa lebih ditingkatkan lagi.

“Karena tiada orang lain yang bisa diharapkan untuk membangun desa ini kecuali para generasi muda Poduwoma  itu sendiri,” ungkap Kades Yusuf.

Kades Yusuf menjelaskan makna dari nama karang taruna tersebut. Secara harfiah, “Ninimboto” berasal dari Bahasa Suwawa, yang berarti kunang-kunang.

Kunang-kunang itu, kata Kades Yusuf, meski hanya sendiri, tetapi bisa mengeluarkan atau memberikan “cahaya” untuk dirinya. Dan apabila beramai-ramai (bersatu berkumpul) pada suatu pohon, maka mampu menerangi walaupun sebesar apa pohon tersebut.

“Artinya per-individu anggota karang taruna mereka diberikan ruang agar bisa membawa diri dan menjaga nama baik dengan ilmu, serta adab yang ada,” jelas Kades Yusuf.

Kades Yusuf pun berharap kepada para anggota Karang Taruna “Ninimboto” untuk senantiasa bersatu untuk membangun desa ini. “Jika para anggota karang taruna ini bersatu,  maka tentu mereka bisa membangun serta dapat memberikan cahaya yang lebih cemerlang untuk desa ini, yang tentunya dengan ilmu dan adab yang mereka miliki,” tutup Kades Yusuf Puneli tersenyum. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: