Fory Naway Satukan Persepsi Penanggulangan Banjir Melalui Program KKS UNG

Bagikan dengan:
Wartawan: Faizal Ns~
Editor: Avi|

DM1.CO.ID, BOALEMO: Ketua Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Fory Naway, pada kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Sibermas (KKS) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) memberikan sambutan terkait Pengembangan dan Penguatan Desa Siaga Bencana, kepada masyarakat Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Mustika Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo, Ahad (26/08/2018).

Purwanto selaku Kasubag Perencanaan ditunjuk sebagai pemateri untuk program KKS mahasiswa tersebut, yang dalam kegiatan itu turut dihadiri juga oleh Kades Mustika, peserta KKS UNG, serta masyarakat setempat.

Dalam arahannya Fory mengatakan, kegiatan ini sesungguhnya untuk menyatukan berbagai persepsi perihal mengatasi bencana. Baik saat terjadinya bencana maupun pasca terjadinya bencana di lingkungan tempat tinggal.

“Kenapa penguatan, karena sebelumnya masyarakat Destana ini sudah pernah mengikuti pelatihan dan sosialisasi. Hari ini sekadar memberikan pengembangan dan penguatan saja,” jelas Fory.

Fory juga menambahkan, masyarakat maupun pemda setempat harus memberikan perhatian yang lebih khusus lagi terhadap penanggulangan bencana banjir. Mengingat Desa Mustika merupakan kawasan langganan banjir, maka perlu untuk menjaga dan melestarikan kembali apa yang sudah direncanakan sebelumnya, seperti penanaman pohon atau pembersihan saluran air.

Selain program tersebut, Fory juga menyebutkan beberapa program yang nantinya akan dikerjasamakan dengan pemerintah, “Program lain itu yakni merangkai bunga dari bahan lokal jagung, pisang, atau pelepah kelapa dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kemudian ada juga penanaman pohon di Destana, serta penyuluhah stunting yang akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Boalemo dan Puskesmas Paguyaman”.

Program KKS dengan 30 peserta mahasiswa UNG yang tersebar di tiga desa Kecamatan Paguyaman yaitu Desa Permata, Desa Mutiara, dan Desa Mustika itu diharapkan Fory bisa berjalan lancar dan sukses.

Diakhir acara Ketua DPL, Sekretaris Desa Mustika bersama mahasiswa dan masyarakat, langsung menuju lokasi penanaman pohon. (isal/avi/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Dewi DM1

2,473 views

Next Post

Bekraf Siap Bantu Permodalan Pelaku Usaha di Kabgor

Sen Agu 27 , 2018
Wartawan: Dafid Mohamad~ Editor: Avi| DM1.CO.ID, GORONTALO: Pemerintah Kabupaten Gorontalo bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan diskusi dengan pelaku usaha yang ada di Kabupaten Gorontalo bertempat di Pentadio Resort, Ahad (26/08/2018). Komentar anda :