Tak Lama Lagi Pilwabup Koltim Terlaksana? 4 Parpol Dikabarkan telah Sepakat Segera Ajukan AA dan DM

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Rencana Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Kolaka Timur (Koltim) Pengganti Antar Waktu (PAW) masa jabatan 2021-2026, memunculkan tanda-tanda akan segera dapat terlaksana.

Menurut kabar yang diperoleh, empat partai pengusung yaitu Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN dan PDI-P sebentar lagi bersepakat untuk mendorong atau mengajukan figurnya sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) kepada Pj Bupati, Sulwan Aboenawas, untuk selanjutnya disodorkan ke Panitia Pemilihan (Panlih) DPRD Koltim.

Lebih jauh, kabar tersebut menyebutkan, bahwa kesepakatan empat partai pengusung tersebut nantinya tertuang dalam sebuah format (surat) tertulis yang akan ditanda-tangani oleh masing-masing pengurus partai pengusung level kabupaten (DPC/DPD).

Bahkan informasi yang dirangkum oleh Kepala Biro DM1 Koltim menyebutkan, bahwa saat ini format kesepakatan untuk mendorong nama Cawabup tinggal menunggu tanda-tangan dari Ketua DPC PDI-P Koltim bersama Sekretarisnya.

Meskipun hingga saat ini pengurus DPC PDI-P Koltim belum juga menanda-tangani surat tersebut, akan tetapi pihak DPP PDI-P terinformasi telah memberikan “instruksi” (komando) kepada Ketua DPD PDI-P Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Aboenawas yang juga sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) itu.

“Kalau selesai ditandatangani (surat itu), langsung didorong ke Pj Bupati. Sudah dikomunikasikan, dan pak Wagub sudah clear (sepakat mengajukan nama),” demikian seorang sumber yang enggan disebutkan identitasnya, memberikan informasi melalui pesan WhatsApp (WA), Senin (25/4/2022).

Santer terdengar, bahwa terdapat dua figur yang bakal dipastikan “bertarung” dalam Pilwabup tersebut. Yakni Abdul Azis (AA) atau yang biasa disapa dengan sebutan “Jenderal Azis”. Dan figur berikutnya adalah Diana Massi (DM), istri mendiang almarhum Bupati Koltim, Samsul Bahri Madjid.

Informasi yang beredar di kalangan tertentu juga menyebutkan, bahwa “Jenderal Azis” mengantongi tiket (rekomendasi) dari tiga bendera partai. Yaitu, Gerindra, Demokrat, dan PAN. Sementara DM mendapat dukungan tungga dari PDI-P, partai kepala Banteng moncong putih itu.

Sekretaris Panlih DPRD Koltim, Abraham ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (25/4/2022), mengatakan ketika rekomendasi dari para partai pengusung itu telah berada di tangan Panlih, maka bisa dipastikan pelaksanaan Pilwabup tidak lama lagi akan segera diselenggarakan, yang diawali dengan rapat musyawarah untuk melakukan pengecekan (verifikasi) terhadap keabsahan rekomendasi Cawabup kepada masing-masing DPP.

“Setelah itu, Panlih akan melaporkan ke Mendagri, bahwa rekomendasi yang diajukan oleh masing-masing DPP sudah sah. Calon wakil bupati sudah bisa memasukkan kelengkapan berkas atau mendaftarkan diri,” tutur Abraham.

“Berikutnya, Panlih akan melakukan paripurna persiapan kelengkapan pemilihan, seperti kotak suara, dan surat suara. Lalu, masuk paripurna penetapan calon. Tahapan selanjutnya adalah Paripurna pemilihan. (Kemudian) paripurna penetapan pemenang, dan terakhir paripurna pelantikan Wakil Bupati Koltim terpilih,” terang Abraham. (rul/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

1.192 views

Next Post

Salurkan BLT Desa Loka, Kades Muliati Berharap Bisa Ringankan Beban 70 KPM Jelang Lebaran

Rab Apr 27 , 2022
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Pemerintah Desa (Pemdes) Loka, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021, pada Rabu (27/4/2022), di Aula Pertemuan Kantor Desa Loka. Komentar anda :