Salurkan BLT Desa Loka, Kades Muliati Berharap Bisa Ringankan Beban 70 KPM Jelang Lebaran

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Pemerintah Desa (Pemdes) Loka, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021, pada Rabu (27/4/2022), di Aula Pertemuan Kantor Desa Loka.

Pada penyaluran tahap ke II ini, tercatat 70 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Loka ini dinyatakan berhak menerima BLT-DD tersebut.

Menurut Muliati, S.Kep selaku Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) Loka, penetapan jumlah KPM BLT-DD yang ada di desa ini, merupakan hasil Musyawarah Desa (Musdes) yang dilaksanakan oleh Badan Perwakilan Desa (BPD) Loka pada tahun 2021.

Tentang penyaluran BLT ini, Kades Muliati menjelaskan,  bahwa memang sudah diamanatkan menjadi salah satu bagian dari penggunaan Dana Desa.

Kades Muliati menyebutkan, hal itu seperti yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Kades Muliati menguraikan, sebanyak 70 KPM yang menerima BLT tahap II ini tersebar di tiga dusun yang ada di Desa Loka. Yakni dengan rincian, Dusun I (Satu) sebanyak 27 KPM, Dusun II (Dua) sebanyak 14 KPM, serta Dusun III (Tiga) terdapat 29 KPM.

Masing-masing KPM, ungkap Kades Muliati, menerima jumlah BLT di triwulan II (kedua) ini sebesar Rp.900 Ribu. Besaran jumlah tersebut adalah total  penyaluran BLT untuk hitungan tiga bulan, yakni dari April, Mei, dan Juni 2022.

“Kalau tahun kemarin, KPM menerima BLT setiap bulan (Rp.300 Ribu). Tapi di tahun 2022 ini, KPM langsung menerima per tiga bulannya (Rp.900 Ribu). Untuk tahap III nanti rencananya akan kami laksanakan pada bulan Juli 2022,” jelas Kades Muliati.

Kepada 70 KPM di Desa Loka yang baru saja menerima BLT-DD triwulan tersebut, Kades Muliati berharap, semoga bisa meringankan beban para KPM dalam memenuhi kebutuhan pokoknya, terlebih lagi kebutuhan menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri 1443 H ini.

“Rata-rata di desa kami kebanyakan bekerja sebagai petani. Kami berharap agar bantuan tunai ini benar-benar membawa manfaat bagi KPM,” ucap Muliati.

Kegiatan penyaluran BLT Desa Loka turut dihadiri Pendamping Desa (PD) Loka, Mursalim; Babinsa, Zet Charles Kasiaheng; aparat Desa Loka serta unsur Badan Permusyawaratan Desa (BPD Loka). Pelaksanaan penyaluran BLT itu sendiri dilakukan sesuai dengan mekanisme dan mengacu pada protokol kesehatan (Protkes).

Akbar, salah seorang warga Ddusun II Desa Loka, mengaku bersyukur atas adanya BLT yang diterimanya. Lebih bersyukurnya lagi, lelaki yang berusia 40 tahun ini menerima BLT tepat menjelang hari raya Idul Fitri.

“Selain digunakan untuk membeli kebutuhan sembako, rencananya uang BLT ini sebagian saya mau juga pergunakan untuk membeli baju lebaran anak-anak,” ungkap Akbar kepada Kepala Biro DM1 Koltim saat ditemui usai menerima BLT. (rul/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan:

Muis Syam

584 views

Next Post

Sempat 2 Tahun Ditiadakan, Kades Molamahu Erwis Tumuhulawa Kembali Semarakkan Tumbilotohe

Sab Apr 30 , 2022
DM1.CO.ID, GORONTALO: Setelah dua tahun berturut-turut ditiadakan pelaksanaannya karena adanya wabah Covid19, kini gebyar Tumbilotohe kembali digelar oleh Pemerintah Desa Molamahu, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone-Bolango. Komentar anda :