Sutim Utus 17 Atlet Karate Berlaga di Kejurda Boalemo, Diperkuat dari Desa Poduwoma

DM1.CO.ID, BONE BOLANGO: Camat Suwawa Timur (Sutim), Kabupaten Bone Bolango, Maxmilian Ali, pada Kamis (4/3/2021) melepas 17 atlet Karate-do Wadokai Sutim dalam rangka mengikuti kejuaraan daerah (Kejurda) di Kabupaten Boalemo yang akan berlangsung pada 5 sampai 7 Maret 2021.
Dalam sambutannya, Maxmilian Ali berharap para atlet mampu mengharumkan Kabupaten Bone Bolango, khususnya Kecamatan Sutim.
Apalagi memang, kata Maxmilian, Sutim telah memiliki beberapa atlet Karate-do yang pernah menjuarai ajang O2SN tingkat nasional, seperti Silvana Mahmud dan Iqen Qirana Y Puneli.
“Berdasarkan panduan dari senpai senior dan dengan semangatnya anak-anak berlatih, semoga karate Wadokai Sutim akan jaya insyaAllah,” ujar camat Max, sapaan akrab Maxmilian Ali.
Ia menyebutkan, beberapa hari terakhir ini para kepala desa melakukan penggalangan dana untuk keberangkatan atlet, seperti kendaraan serta kebutuhan lainnya yang akan digunakan menuju pertandingan di ajang Kejurda tersebut.
“Kerjasama tim, dan dukungan masyarakat sangat kita hargai, terima kasih atas partisipasi dan apresiasinya,” ujar Max.
Sementara itu, Yusuf Puneli selaku Kades Poduwoma mengaku sangat mengapresiasi kegiatan belajar beladiri karate di desanya. Sebab, menurutnya, Karate tidak hanya sebagai olahraga, melainkan juga dapat membentuk karakter positif anak-anak  ke arah yang baik sesuai sumpah karate.
Pada Kejurda kali ini, Kabupaten Bone Bolango akan mengirim atlet Karate-do sebanyak 60 orang yang berasal dari seluruh kecamatan.
Dan khusus dari Kecamatan Suwawa Timur yang mengutus 17 atlet tersebut, diyakini dapat memperkuat kontingen Kabupaten Bone Bolango, sekaligus akan mampu meraih keunggulan.
Sebab di Kecamatan Sutim ini, terdapat sejumlah atlet Karate-do yang berasal dari Desa Poduwoma yang telah sukses mengharumkan nama Gorontalo hingga ke kancah nasional. Salah satu atlet tersebut ialah Iqen Qirana Y. Puneli, yang kini sebagai pelatih pembantu Karate Wadokai wilayah Sutim.
Iqen Qirana berharap kepada para atlet karate-do Bone Bolango yang akan berlaga dalam Kejurda di Boalemo, hendaknya benar-benar mampu mengimplementasikan semua ilmu maupun teknik yang telah diajarkan secara kesatria dengan menjunjung sikap sportivitas yang tinggi.
Iqen Qirana juga mengingatkan, agar para atlet senantiasa melakukan koordinasi kepada senior masing-masing. “Selalu berkoordinasi dengan senpai senior untuk pemberian materi dasar kepada peserta karate junior lainnya. Karena ini merupakan pelatihan yang menyangkut anggota tubuh, maka tidak bisa sembarangan,” ujar Iqen.
Beberapa senpai yang dimaksud Iqen, yang bisa dihubungi adalah di antaranya Senpai Nanang Isa, Moh Rizal Polinto, dan senpai senior Alvred Paudi yang merupakan senpai senior Gorontalo. (res/dm1)
Komentar anda :

Muis Syam

176 views

Next Post

Pelantikan Penjabat Sekda Koltim, Bupati Samsul Tekankan Kedisiplinan

Sab Mar 6 , 2021
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Bupati Kolaka Timur (Koltim), Samsul Bahri Madjid resmi melantik Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda), Muhammad  Iqbal Tongasa, pada Jumat sore (5/3/2021), di Aula Kantor Bupati. Komentar anda :