Sungai Bone Meluap, 5 Kecamatan di Bone Bolango Banjir

DM1.CO.ID, BONEBOLANGO: Lima Kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, masing-masing Kecamatan Botupingge, Suwawa Selatan, Suwawa, Suwawa Tengah dan Kecamatan Suwawa Timur, diterjang banjir, Kamis (11/6/2020).

Hujan yang mengguyur sejak Rabu malam (10/6/2020) hingga Kamis (11/6/2020), membuat Sungai Bone meluap. Akibatnya, banjir pun tak terelakkan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bone Bolango, Sugondo Makmur, membenarkan banjir yang melanda di lima kecamatan tersebut.

“Iya, ada lima kecamatan yang dilanda banjir. Suwawa Selatan, Suwawa Timur, Suwawa Tengah dan Kecamatan Botupingge, serta Suwawa induk juga kena dampak,” ujar Sugondo.

Ia menyebutkan, saat ini Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, sudah menurunkan tim untuk menangani banjir ini.

Sementara itu, Camat Suwawa Selatan,  Oktavianus Tangahu, di salah satu lokasi banjir mengungkapkan, air mulai naik ke daratan sekitar pukul 12.35 WITA.

“Selapas Salat Zuhur, air sudah mulai naik. Puncaknya sekarang bendungan Alale yang menguap. Sehingga mengakibatkan Jembatan yang berada di Desa Molintogupo  penghubung di kecamatan kami ambruk dan hanyut terbawa arus. Saat ini tinggi air mencapai dua sampai tiga meter,” ujar Camat Oktavianus.

Pada saat ini, kata Oktavianus, pemerintah  belum mengantongi data kerugian secara rinci akibat bencana ini. Karena sementara melakukan evakuasi terhadap warga.

Namun menurut Camat Oktavianus, kerugian ditafsir akan sangat besar. “Mengingat banyak hewan peliharaan ternak, terutama Sapi yang ikut hanyut terbawa arus,” ungkap Oktavianus.

Sementara itu pula, Kepala Basarnas (Kantor Pencarian dan Pertolongan) Gorontalo, Djefri DT Mewo, S.Pd menyatakan, pihaknya masih sedang berupaya menangani bencana banjir yang tiba-tiba melanda sejumlah Kecamatan di Kabupaten Bone Bolango tersebut.

Djefri menyebutkan kendala yang menjadi penghalang lambatnya aksi evakuasi terhadap warga. Yakni, debit air yang tinggi serta arus air yang sangat deras. (res/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

7 views

Next Post

Tanggul Jebol, Kecamatan Bone Ikut Diterjang Banjir

Kam Jun 11 , 2020
DM1.CO.ID, BONEBOLANGO: Hujan yang mengguyur sejak Rabu malam hingga Kamis (10-11/6/2020) di Kabupaten Bone Bolango, juga membuat Kecamatan Bone dilanda banjir. Komentar anda :