Tanggul Jebol, Kecamatan Bone Ikut Diterjang Banjir

DM1.CO.ID, BONEBOLANGO: Hujan yang mengguyur sejak Rabu malam hingga Kamis (10-11/6/2020) di Kabupaten Bone Bolango, juga membuat Kecamatan Bone dilanda banjir.

Di kecamatan ini, diinformasikan terdapat 5 desa yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Taludaa. Yakni di antaranya, Desa Ilohuuwa, Molamahu, Muara Bone, Masiaga, dan Desa Taludaa

Informasi dari sejumlah pihak menyebutan, dini-hari sekitar pukul 02.00 WITA (Kamis, 11/6/2020) hujan dirasakan sangat deras, dan membuat tanggul jebol sehingga Sungai Taludaa meluap. Akibatnya, sekitar pukul 05.00 WITA Kamis dini-hari itu, air sungai pun nampak merembes ke rumah-rumah warga.

Gagarin Hunawa selaku Kepala BPBD menyebutkan, pihaknya bersama sejumlah aparat masih berada di lapangan, dan sementara ini telah melakukan evakuasi 600 KK.

Menurut Gagarin, semua unsur terlibat dalam penanganan banjir ini sedang ikut mendata terkait bencana banjir yang melanda di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo ini. “Datanya masih dikumpulkan terus, dan bisa dipastikan akan terus bertambah,” ujar Gagarin Hunawa saat dihubungi Kru DM1.

Kapolsek Bone, Ipda. Syafei Sangkilang, yang dihubungi secara terpisah mengungkapkan, saat ini pihak kepolisian sedang bahu-membahu bersama pemerintah kecamatan dan desa, guna membantu proses evakuasi warga yang terjebak dalam rumah serta hewan ternak Sapi.

“Saat ini kita masih fokus di proses evakuasi masyarakat, dan pencapaian kerugian masih belum bisa di pastikan. Semoga saja hujan yang mengguyur akan segera berhenti, sehingga proses evakuasi akan cepat dilaksanakan dengan baik,” harapnya.

Yasni Hadju selaku pihak pemerintah Kecamatan Bone juga berharap, semoga saja efek banjir tidak akan terlalu parah berdampak di kesehatan, mengingat kondisi saat ini masih sedang berlangsung masa Pandemik Covid19.

“Semoga masyarakat bisa menjaga kekebalan tubuh masing-masing. Dan saya sangat bersyukur pihak pemerintah kabupaten sangat tanggap terhadap banjir di kecamatan saya ini. Terbukti dengan kiriman relawan serta anggota BPBD yang segera ada di lokasi banjir, padahal cuaca sangat ekstrim, dan lumayan jauh dari (pusat ibukota) kabupaten,” ungkap Yasni. (res/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

4.169 views

Next Post

Detik-detik Jembatan Molintogupo Patah, Diterjang Arus Sungai

Jum Jun 12 , 2020
DM1.CO.ID, BONEBOLANGO: Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, sejak Rabu malam hingga Kamis (10-11/6/2020), membuat debit air di Sungai Bone pun meluap. Komentar anda :