SMPN 1 Gorontalo Perkuat Pendidikan Karakter

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Penguatan karakter sangatlah penting dalam memperbaiki dan membentuk moral siswa secara positif ketika berada di lingkungan sosial masyarakat. Sehingga itu, pendidikan karakter harus bisa diterapkan oleh pihak sekolah terhadap para siswanya.

Hal tersebut diungkapkan Hany Tanua selaku Kepala SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, saat ditemui awak DM1, di ruang kerjanya, belum lama ini.

Hany menjelaskan, pendidikan karakter harus diperkuat oleh harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikiran, dengan dukungan dari pihak sekolah dan keluarga.

Di lingkungan SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, kata Hany, pendidikan karakter sudah diselenggarakan dan diterapkan buat seluruh siswa. “Tujuanya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memperbaiki akhlak dan moral siswanya,” ujar Hany.

Artinya, lanjut Hany, penguatan karakter dapat membentuk moral para siswa menjadi lebih positif, sehingga apabila hal ini terwujud, maka pencapaian prestasi pun dapat lebih mudah dicapai.

Hany juga menjelaskan, penguatan karakter ini juga dapat lebih dipermantap dengan cara memperkuat ikatan emosional antara orangtua dan para siswa. Yakni, salah satunya dengan membentuk paguyuban atau organisasi untuk seluruh orangtua siswa  di SMPN 1 Gorontalo.

Menurut Hany, paguyuban seperti ini penting. Sebab, waktu yang biasanya dihabiskan orangtua untuk bekerja, itu dapat dihabiskan bersama anak-anaknya di dalam organisasi ini.

Hal ini dilakukan, kata Hany, adalah demi membina dan mempermantap kedekatan emosional  orangtua dengan anak-anaknya sebagai siswa di sekolah ini, sehingga tingkat keseriusan belajar siswa akan lebih baik. “Kurangnya perhatian orangtua kepada anaknya (siswa) dapat menjadi faktor utama  anak menjadi nakal, dan kemudian tidak berprestasi,” pungkas Hany.

(Rahman/DM1)
Komentar anda :
Bagikan dengan: