Serahkan Dokumen RPJMD, Andi Merya Optimis Koltim akan Terus Berkembang dan Sejahtera

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menyerahkan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka periode selama 5 tahunan, atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kepada DPRD Koltim, Senin (7/6/2021).
Rancangan yang berisikan penjabaran dari visi-misi serta program kepala daerah itu, selanjutnya diagendakan untuk dibahas oleh anggota para dewan setempat.
Hadir dalam paripurna ini di antaranya, Plt Bupati Koltim, Andi Merya Nur; Ketua DPRD Koltim, Suhaemi Nasir; Wakil Ketua DPRD Koltim, Rahmatia Lukman; Wakil Ketua DPRD, Syukur Adam; Penjabat Sekda Koltim, Andi Muhammad Iqbal Tongasa; anggota dewan lainnya serta kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), asisten, staf ahli, juga dari pihak pemerintah kecamatan (camat).

Dalam sambutannya Plt Bupati Koltim, Andi Merya mengatakan, perencanaan pembangunan 5 tahunan tetap berpedoman pada RPJP Daerah serta memperhatikan RPJM Nasional yang memuat arah kebijakan dan prioritas daerah, sehingga menyentuh hak dasar masyarakat Kabupaten Kolaka Timur secara merata.
Dipaparkannya, penyusunan RPJMD Kabupaten Koltim tahun 2021-2026, mengacu pada Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.
Andi Merya menyebutkan, visi yang diemban oleh pihaknya dalam membangun Kabupaten Kolaka Timur tahun 2021-2026, adalah SBM (Sejahtera Bersama Masyarakat) Kolaka Timur yang AMMAN, yaitu Agamais, Maju, Mandiri dan Berkeadilan.

“Pembangunan daerah yang merefleksikan kekuatan dan potensi daerah, sekaligus menjawab permasalahan isu-isu strategis daerah. Upaya untuk mewujudkan visi tersebut dijabarkan menjadi 10 misi pembangunan Kabupaten Kolaka Timur,” ujarnya.
Andi Merya menyebutkan 10 misi tersebut, yakni:
  1. Peningkatan kualitas sumber daya manusia ajaran agama ketahuan teknologi iptek serta budaya lokal,
  2. Peningkatan eksibilitas pemerataan dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat,
  3. Percepatan kualitas infrastruktur publik yang memadai dan efektif,
  4. Penguatan tata kelola pemerintahan yang baik bersih transparan melayani masyarakat,
  5. Peningkatan ekonomi masyarakat dan produktivitas pertanian perkebunan penguatan UMKM koperasi dan pelaku usaha,
  6. Penguatan peran pemerintah Desa dalam pemberdayaan masyarakat,
  7. Pembinaan dan pemberdayaan kepemudaan olahraga dan seni budaya,
  8. Mengembangkan potensi wisata,
  9. Terwujudnya masyarakat yang aman damai dan tertib,
  10. Pengelolaan lingkungan hidup secara profesional selaras, serasi Dan seimbang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Keberhasilan pencapaian visi dan misi itu, menurut Andi Merya, akan diukur dari pencapaian kinerja pada aspek kesejahteraan pelayanan umum dan daya saing daerah.

Selanjutnya, keberhasilan kinerja yang ditunjukkan dari akumulasi pencapaian indikator out-come dari sasaran pembangunan daerah, atau ditunjukkan dari pencapaian indikator yang diukur setiap tahunnya.
Dikatakannya, pemerataan pembangunan di wilayah Kabupaten Kolaka Timur menjadi prioritas pemerintah daerah berdasarkan isu strategis dan arah kebijakan yang akan dituntaskan rencana pembangunan jangka menengah daerah RPJMD Kolaka Timur periode tahun 2021 2026, dengan tetap mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.
Andi Merya menjelaskan, aspek kesejahteraan masyarakat diukur melalui indikator makro yang melingkupi kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Kolaka Timur terkait pembangunan manusia ketertiban dan ketentraman pemerataan pendapatan kesempatan kerja, sedangkan indikator kinerja sebagai indikator kinerja utama atau sebagai alat ukur menilai kinerja organisasi yang membantu bupati dan wakil bupati untuk pencapaian pembangunan daerah indikator ini.
“Juga yang mengukur kemampuan daerah dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dengan didukung oleh sektor pertanian serta sektor unggulan lainnya, kami optimis Kabupaten Kolaka Timur akan terus berkembang dan sejahtera,” tandasnya. (rul/dm1)
Komentar anda :

Muis Syam

11 views

Next Post

Plt Bupati Koltim Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Desa Nelombu

Sel Jun 8 , 2021
DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kolaka Timur (Koltim), Hj Andi Merya Nur S.IP, meletakkan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) “Tahfidzul Qur’an”, Yayasan Safinatun Najah, di Desa Nelombu, Kecamatan Mowewe, pada Senin (7/6/2021). Komentar anda :