Ramadan 1441 H Diwarnai Covid19, Begini Cara Berbuka Puasa Pemkot Gorontalo

DM1.CO.ID, GORONTALO: Meki bulan Ramadan 1441 H ini diwarnai dengan masalah pandemik Covid19, namun tidak menghentikan niat Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo untuk melakukan kegiatan sosial dan amaliah, seperti melaksanakan buka puasa bersama.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan buka puasa dapat dilakukan dengan penuh suka-cita secara kebersamaan, kali ini Pemkot Gorontalo cukup melakukannya dengan menyalurkan bingkisan menu Buka Puasa ke panti asuhan.

Bingkisan menu Buka Puasa tersebut diserahkan Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, dididampingi Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono; Asisten Pemerintah dan Kesra, Deddy Kadullah, serta sejumlah aparat Pemerintah Kecamatan Kota Barat, di Panti Asuhan al-Amin, pada Senin (11/5/2020).

“Buka Puasa bersama anak Yatim, merupakan agenda rutin setiap bulan suci Ramadan, (kali ini) memang jauh dari harapan sebelumnya. Kita hanya dapat melaksanakan dengan cara seperti ini. Ingin rasanya bersua langsung dengan mereka, terlebih ketika  melihat mereka merasakan kebahagiaan,” ungkap Marten Taha.

Pembatasan interaksi sosial, menurut Marten Taha, mesti dilakukan oleh Pemkot Gorontalo demi menghindari penyebaran Covid19. Yakni, dengan menjaga jarak, menggunakan masker setiap beraktivitas serta senantiasa memperhatikan protokol kesehatan.

Marten Taha mengungkapkan, untuk agenda pemberian santunan dan menu buka puasa bagi panti asuhan lainnya, juga akan dilangsungkan pada Selasa (12/5/2020) dengan mengunjungi 4 panti asuhan di Kota Gorontalo.

Disebutkannya, proses penyalurannya berlaku sama. Yaitu, hanya diserahkan kepada pengurus inti panti asuhan setempat.

Sesaat sebelum menuju panti Asuhan al-Amin, Wali Kota Marten Taha menyempatkan membagikan menu dan bingkisan buka puasa kepada 400 petugas kebersihan secara simbolis, di halaman Kantor Wali Kota Gorontalo.

“Semoga bantuan yang diberikan, dapat bermanfaat baik bagi para anak yatim maupun petugas kebersihan. Terpenting ada hikmahnya, mudah-mudahan kita semua memperoleh berkah amaliah di bulan suci Ramadan ini,” ujar  Marten Taha.

Ramadan pada tahun ini terdapat sejumlah agenda yang telah dijadwalkan untuk dilaksanakan. Seperti pada akhir Ramadan, pelaksanaan Dua Lolipu (doa keselamatan negeri), dan Moluhuta Pitara (pembayaran Zakat Fitrah) wali kota, wakil wali kota serta Sekda. Dan bentuk pelaksanaan kegiatan tersebut tidak jauh berbeda, yakni hanya menghadirkan beberapa perangkat adat dan tokoh agama. (red-rls/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

5 views

Next Post

Pria Ini Viralkan ASN Tunangannya, yang Diduga Tertangkap Basah dengan Pria Lain

Sen Mei 11 , 2020
DM1.CO.ID, KICAU MEDSOS: Halaman Facebook “Terharutv”, Senin dini-hari (11/5/2020) sekitar pukul 3.00 WITA mengupload sebuah video berdurasi 10 menit 45 detik, seorang pria dan wanita sedang cekcok di dalam sebuah kamar. Komentar anda :