DPRD Kabupaten Gorontalo Dukung Tumbilotohe Dipusatkan di Talumelito

Bagikan dengan:

Wartawati/Editor: Dewi Mutiara

DM1.CO.ID, KABUPATEN GORONTALO: Malam tumbilotohe merupakan tradisi Gorontalo saat menjelang tiga hari lebaran Idul Fitri. Semua umat islam yang tersebar di wilyah Provinsi Gorontalo pasti melaksanakan tradisi tahunan itu.

Tidak terkecuali, di Kabupaten Gorontalo sendiri akan berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana Tumbilotohe kali ini akan dilaksankan di wilayah Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo.

Seperti yang dijelaskan Ketua DPRD, Kabupaten Gorontalo, Sahmid Hemu, bahwa dia sangat mendukung  adanya pelaksanaan Tumbilotohe tahun ini yang dipusatkan Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru.

Menurutnya, pemilihan lokasi tentu bukan tanpa alasan. Karena sejauh ini Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah mencanangkannya sebagai Desa Konservasi Budaya di Kabupaten Gorontalo.

“Tumbilotohe yang kita kenal sebagai tradisi masyarakat Gorontao. Nah, berkaitan dengan pemusatan giat ini, saya rasa merupakan suatu terobosan baru,” ujar Sahmid.

Selain itu Samid mengatakan, apalagi tumbilotohe, selalu mendatangkan wisatawan dari luar daerah justru memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah. Sehingganya perlu ada inovasi dan terobosan guna mendukung tumbilotohe di Kabupaten Gorontalo.

“Kita harus mendukung tumbilotohe, sebab kita ketahui tradisi ini sangat diminati kalangan wisatawan baik dalam daerah maupun luar daerah,” pungkas Sahmid. (dmk/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: