Sepakat Tukar Guling Aset, Lanud dan Pemkot Gorontalo Tetap Saling Mendukung

Bagikan dengan:

DM1.CO.ID, GORONTALO: Rencana tukar guling aset antara Pemerintah Kota Gorontalo dengan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Samratulangi, kian menemui titik terang.

Kedua belah pihak segera merampungkan beberapa dokumen sebagai legalitas kepemilikan aset tersebut.

Bahkan langkah yang akan ditempuh makin dipermantap melalui pembahasan antara Kolonel. Pnb. Abram R.A Tumanduk selaku Komandan Lanud TNI AU, dengan Marten Taha selaku Wali Kota Gorontalo, pada Selasa (13/10/2020), di Kantor Wali Kota Gorontalo.

Pada kesempatan itu, Marten Taha menyampaikan apresiasinya terhadap Lanud Samratulangi, yang secara getol mendampingi Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo guna menyelesaikan masalah lahan yang telah berlangsung cukup  lama itu.

Diketahui sebelumnya, bahwa TNI Angkatan Udara (AU) memiliki aset berupa lahan di Kota Gorontalo, tepatnya di Kelurahan Tenda, Kecamatan Hulondhalangi.

Namun seiring dengan perkembangan wilayah, lahan itu ternyata telah “menjelma” menjadi kawasan pemukiman warga sekitar.

Mengetahui hal itu, Wali Kota Marten Taha pun dengan berbagai pertimbangan kemudian menyikapi secara serius, yakni dengan menawarkan solusi tukar-guling aset itu ke lahan yang berada di Kelurahan Wonggaditi Barat, Kecamatan Kota Utara.

“Kata sepakat telah disetujui bersama. Kita tinggal melengkapi dokumen kepemilikan aset kedua belah pihak,” ungkap Marten Taha.

Apabila aset itu telah berpindah tangan ke Pemerintah Kota Gorontalo, Marten Taha mengaku berencana akan menata kawasan tersebut menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali warga. Yakni, dengan membangun rumah susun (Rusun).

Terkait solusi tukar-guling itu sendiri, Nurhudayah selaku Kepala Bidang Aset pada Badan Keuangan Kota Gorontalo mengatakan, pihaknya sedang melengkapi dokumen yang diperlukan saat proses pelepasan aset nanti.

Disampaikannya, apabila dokumen telah lengkap, maka tahapan selanjutnya akan dibuatkan berita acara sampai pada akhir kesepakatan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). “Target kita, akhir bulan ini persoalan hibah lahan sudah tuntas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kol. Pnb. Abram Tumanduk menyampaikanrasa terima-kasihnya kepada Wali Kota Gorontalo Marten Taha beserta jajaran, yang telah mendukung pengembangan Lanud ke depan.

Ambram Tumanduk bahkan membeberkan, bahwa proses saling hibah atau tukar guling lahan ini adalah bagian dari rencana untuk menjadikan Gorontalo sebagai Lanud tipe C.

“Progres kita ke depan, Lanud Samratulangi akan diusulkan menjadi tipe A, dan Gorontalo adalah salah satu sektor pendukung menjadi hinterland-nya,” seru Abram Tumanduk. (res/dm1)

Komentar anda :
Bagikan dengan: