Sekilas Kondisi Proyek Masjid Jabal Nur Rate-rate: Talang Bocor, Air Hujan Merembes ke Dinding

DM1.CO.ID, KOLAKA TIMUR: Mega proyek pembangunan Masjid Jabal Nur, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), kini menjadi sorotan publik sejak dinilai adanya sejumlah ketidak-beresan dan juga beberapa kejanggalan. Di antaranya, dugaan terjadinya mark-up.

Meski begitu, proyek pembangunan masjid yang terletak di Kelurahan Rate-rate, Kecamatan Tirawuta itu, tetap dilanjutkan. Dan kini telah memasuki tahap ketiga.

Yakni, pada Tahun Anggaran 2021 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim melalui Bagian Kesra (Kesejahteraan Rakyat) kembali menganggarkan kelanjutan pengerjaan proyek ini sebesar Rp.2.046.700.000. Dan proyek inipun dimenangkan oleh CV RB dengan penawaran senilai Rp. 1.950.000.000.

Sayangnya, ketika batas pekerjaan proyek tersebut berakhir pada 31 Juli 2021, kondisi bangunan masjid itu justru tampak berlepotan. Sebagian dinding masjid bahkan belum tertutup aci.

Dan lebih parahnya, talang yang digunakan sebagai penahan air hujan diduga bocor. Sebab, beberapa ruas di sejumlah sisi dinding terdapat jejak (bekas) rembesan air hujan.

Ayi Wahyuddin selaku Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Pemkab Koltim yang juga sebagai PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) pada proyek masjid ini, saat dikonfirmasi seolah berkelik dengan mengemukan  alasan, bahwa progres tahap ketiga belum selesai dan masih dalam proses pengerjaan.

“Kita sabar saja, ya kalau sudah selesai itu. Dan ada apa-apa kan masih ada pemeliharaannya apa semua. Penyedianya ada ji di sini (Koltim), konsultan pemeriksanya ada juga di sini, PPTK-nya juga. Tidak serta-merta juga kita menjustifikasi bahwa begini, begini. Ada mekanismenya. Sekarang saya tidak mau berbicara atau berkomentar kenapa, kenapa? Karena masih dalam proses kerja sekarang itu. Nantilah setelah selesai proses kerja,” terang Ayi di ujung telepon seluler kepada DM1, pada Rabu pagi (4/8/2021). (rul/dm1)

Komentar anda :

Muis Syam

135 views

Next Post

Pesta Perkawinan Kadis Kominfo Bone Bolango di Masa PPKM Dibubar Paksa, Undangan: Tidak Pam Ba-dengar

Kam Agu 5 , 2021
DM1.CO.ID, GORONTALO: Jika belum lama ini terdapat dua sosok Kepala Dinas Kominfo (Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo) yang sempat membuat geger lantaran masing-masing digerebek sedang “berduaan” dengan istri orang di waktu dan di ruang yang “terlarang”, maka kali ini Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Bone Bolango (berinisial SM) yang membuat […]